Pengalaman: Tabungan Shar’e dari Bank Muamalat

Disclaimer: Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi; tanpa paksaan, tekanan dan ancaman dari pihak manapun. Sampai tulisan ini dipublish belum mendapatkan kontrak maupun royalti dari pihak Muamalat. Kalau Bank Muamalat mau bayar royalti, silakan transfer ke rekening saya :-) . Terima kasih kepada Om bahtiar yang sudah ngajarin cara posting poto (lihat bawah).

Mulai

Hari Senin yang lalu, saya (si tampan) dan mbak Eldees (FS-nya ada di sini), pergi ke Bank Muamalat yang kantornya ada di Grawida IPB. Bayangan bank Muamalat yang isinya akhwat-akhwat cantik seketika musnah (gimana sih Hericz, info gak valid). Bagian informasinya seorang Mas dan di bagian teller ada mbak berkerudung yang gak terlalu cakep (bila dibandingkan ini dan itu).

Awalnya, saya cuman pengen nganter mbak eldees saja untuk membuka akun shar’e. Tapi, ternyata eh ternyata, saya tergoda juga untuk mbuka akun. Gimana gak tergoda, kebetulan di dompet nemu duit hampir sekitar 130.000 + 1 fotokopi KTP :-) . Akhirnya saya buka akun juga. Karena daftarnya bersamaan, jadi wajar kalo nomor rekening saya dan mbak eldees cuman beda 1 digit :-) .

Akhirnya, singkat cerita, kita pulang dengan masing-masing membawa satu paket staterpack akun shar’e.

Sekilas tentang shar’e yang kutahu

Dulu-long-long ago, ketika ada acara kumpul-kumpul alumni di honggowongso 94, saya diberitahu oleh mas Uul (salah satu alumni Smulsa, alumnus SEIP IPB, kini kerja di Muamalat Semarang) tentang Tabungan ini. Garis besar yang beliau beritahu:

1. Harganya 125.000, dengan saldo 100.000

2. Saldo 100.000 ke atas dapat bagi hasil dan gak dipotong biaya administrasi

3. Saldo di bawah 100.000 ‘dapat bagi hasil’, tapi bagi hasil ini dianggap sebagai peng-impas biaya administrasi.

Nah, setelah dari Muamalat kemarin, baru tahu ternyata saldo minimal Shar’e adalah Rp 0. Ajaib bukan? Namun ………….. ternyata ada sedikit tambahan tentang hal ini dan nomor 3. Hal ini membuatku agak kecewa karena gak dipajang di pengumuman iklan tentang Shar’e. Disebutkan di buklet panduan, bahwa saldo 50.000 ke bawah selama 6 bulan otomastis akan nutup sendiri. ‘Berkebalikan’ bukan?

Penutup : Poto-poto

Gambar Grawida

Gambar Staterpack Shar’e (sudah dibuka)

Gambar Kartu ATM-ku (nomor Rekeningnya 10 digit terakhir). Kalau gak cetho di monitormu, ini dia: 909 823 84 99

About these ads

61 gagasan untuk “Pengalaman: Tabungan Shar’e dari Bank Muamalat

  1. @ Sandy : kalo aku justru bersyukur, ATM-nya kalo gak salah jarang2 dech (atau malah gak ada). Setauku pake ATM BCA. Intinya, rekening ini bisa buat ngamanin duit dan gak boros (krn ATMnya jarang). Kalau rekening yang lain (BNI dan BRI), bikin boros aja (sering ditarik sih :-) )

  2. kurang ngerti dengan sistem perbankan..

    kalo aku sih niatnya bikin rekening bank ya selain buat nabung (walau sering ditariki juga) adalah mempermudah kirim-kiriman duit.. :D

  3. Numpang nimbrung nih Mas…
    Biasa Mas.. Strategi pemasaran semua Perusahaan besar Indonesia mungkin memang begitu. Saya nabung sudah sekitar enam bulan, alhamdulillah sudah dapet 3 jutaan. Buat modal kawin bikin tambak yang lebih gede.. Hehehe..
    .
    Masalahnya, shar-e ga satu geng sama Mandiri, jadi ga bisa ambil duit dari ATM mandiri dah… Sebenarnya BNI dan BCA juga udah banyak sih, cuma Mandiri kelihatannya lebih bonafide dan banyak kan?

  4. @ pramur : ya monggo silakan ikutan nimbrung
    iya, betul. mandiri kan hasil merger dari 6 bank kalo gak salah ya. CMIIW

    @ Pak Urip : alhamdulillah, meski yang honor yang bermasalah itu belum saya terima, ternyata ada duit lain yang bisa dimasukkan ke shar’e :-)
    *masih pengangguran*

  5. Iya,aku juga baru rabu kemaren daftar di syar-e. Keren banget. Tanpa administrasi bulanan. dan beberapa fasilitas hebat lainnya. Belum bikin postingan tentang ini sih. Masih mengumpulkan data terlebih dahulu. Yang jelas, gak nyesel deh nabung di syar-e. Kekurangannya menurutuku cuma satu, gak ada buku tabungannya.

  6. Gw juga punya…Tabungan gw diBCA gw tutup, gw ganti Shar’e..
    walaupun Banknya jauh kan bisa nabung dikantor pos ..
    btw ati2 norek nanti disalahgunakan loh..

  7. @ Agam : wah, baru juga ya .. :-)
    @ Dhika : trims atas infonya ya …
    @ Mbak Eldees : iya ya, sayang banget tuh … kuciwa berat nih. Thanks ya kakakku yang cakep dah mau nemenin aku bikin tabungan :-)
    @ Rasyid : masak sih bisa? *gak yakin*

  8. saya juga pake shar’e tapi yang join dengan fullprotek-nya takaful, dapet manfaat shar’e sekaligus asuransi yang murah dan nggak berbelit2. Btw shar’e tuh bisa ditarik dari ATM BNI juga kok, pokoknya semua ATM BCA dan ATM bersama

  9. Ass..
    Bank Muamalat tuh kueren..aku punya Share juga,dua lg.Bisa pilih nomor cantik,pasang foto cantik jg dikartu ATMnya.
    walaupun atmnya jarang,kitakan bisa tarik tunai di ATM BCA + ATM bersama,gratis,ga ada biaya..Coba aja buka share,ga rugi kok..tabungan ga dipotong biaya adm kalo saldo lebih atau sama dgn Rp 100.000,-..
    Wass..

  10. Ass…
    maaf mas, setiap sesuatu tidak ada yang sempurna. Penutupan rekening secara otomatis setelah 6 bln itu sudah menjadi ketentuan umum hampir di semua bank di Indonesia. Penutupan rekening secara otomatis pun dilakukan jika tidak ada transaksi sama sekali selama 6 bulan, baik setoran, penarikan, dll. Walaupun mungkin bank muamalat tidak mencantumkan hal tersebut di iklan, tapi toh di buklet panduan disebutkan. Mungkin lain kali mas bisa lebih banyak bertanya sebelum membuka rekening di bank manapun.

  11. he he , ikutan nimbrung. kalau saya punya shar-e sampe 3 kartu. tujuannya cuma satu, supaya ga makan riba :). tapi yg saya ga suka dulu sering saldo tabungan ga bener, ngaco gitu, tapi anehnya tau tau akhir bulan bener lagi.tapi sekarang udah ga lagi, udah dibenerin, ga ngaco-ngaco lagi.
    dikantor pos bisa nabung, tapi khusus kantor pos yang ada plang Shar-e nya.

  12. eh hati-hati lho dengan tabungan shar-e, karena banyak penipuan dengan memakai kartu shar-e. udah banyak nasabah yang tertipu lho. modusnya mereka nelp ke pemilik kartu shar-e, dan mengatakan dapat hadiah entah dari telkomsel atau darimana. dan meminta no rekening share, nomor kartu dan pinnya.selanjutnya tahu sendiri shar-e khan bisa pinbuk melalui phone. hilanglah tuh dana tabungan shar-e dalam hitungan detik. pelaku biasanya pakai hipnotis waktu telepon. sehingga pemegang kartu shar-e tidak merasa tertipu. Kejadian ini berulangkali dan sudah puluhan pemegang kartu share yang hilang dananya. Ingat lho bank tidak akan mau mengganti kerugian kehilangan dana tersebut. dan di Bank Indonesia kartu yang paling aktif ( maksudnya complainnya ) ya kartu shar-e itu………

  13. Ping-balik: Bocah (Rodo) Sugih neng Mlarat « Catatan Harian di Kampus Biru?

  14. Kalau gak tau pasti masalah bank muamalat jangan komentar deh… nanti bisa jadi salah.
    bisa2 kesannya memojokkan bank muamalat atau bisa dikata fitnah.
    tanyalah langsung ke bank muamalatnya.
    gitu aja kok report……

  15. /me pertama kali buka rekening shar-e pas lagi dinas ke kupang [nah lho!]. Waktu itu ambil duit di atm bank yang lambangnya kapal [banknya nelayan yah?] di kantor pos besar kupang. Eh pas sekalian main ke kantor pos ada yang jualan hape, kebetulan duit lagi tebel :P, sekalian aja beli hape soalnya lupa gak bawa charger dari jakarta.

    Pas gak sengaja liat shar-e kepincut deh. Kalau gak salah waktu itu baru-baru aja MUI mengeluarkan fatwa bunga bank haram deh. Sampai beberapa hari lalu /me pengen tambahin tabungan tapi segala macam pin/tin dah ilang semua. Akhirnya buka satu lagi sambil berharap kalau bukti daftar dulu masih ada.

    Kelebihan shar-e ini
    [1] gak ada biaya bulanan, [sebel banget tiap bulan keluar duit 22,5 rebu buat pemeliharaan 3 rekeningku. Hiks, mending kalau bunganya nutup! :P lha wong rekening cuma buat numpang lewat thok je!
    [2] bisa jadi alternatif buat temen-temen yang penempatan di pelosok nun jauh di sana yang gak ada bank syariah. Alhamdulillah, ada kemudahan….

  16. ana tertarik buka rekening di Shar E ,karena mengandung unsur ibadah yang bisa mendatangkan pahala dan lebih menguntungkan dari pada di Bank konvensional, saya niat umroh tahun ini, semoga dengan ambil bagian disini saya dan istri bisa umroh, istri juga telah buka rekening Shar E, mohon doa antum untuk kami,permohonan seseorang saudara berhak untuk dipenuhi

  17. Kalau disimak Kartu Syar’e ini bermanfaat untuk pengiriman uang secara gratis. Misalnya orang tua di Palembang yg punya anak Kuliah di Bandung atau diluar daerahnya (Palembang) bisa menyetor uang ke Kantor Pos secara gratis, dan si anak yg dibandung tinggal narik di ATM BCA, BNI, Niaga, Mandiri atau ATM Bersama lainnya. Saldo minimal bisa 0 Rp,- dan nabungnya juga usahakan bisa kelipatan 50.000,- atau 100.000,- agar bisa ditarik semua. Transfer Via ATM pakai kartu syar’e pun OK juga kok hasilnya.

    Jadi… siapa yg diuntungkan dan siapa yg dirugikan neh…? Kantor pos aja produk weselnya bisa kalah jauh tuh dibanding produk syar’i Muamalat… habis ngirim uang bisa cepat dan itu tuh…GRATIS..TIS..TIS

  18. klo aq br punya syar’e sjk lulus kul.,,skrg alhamdulillah dah dpt kerja kcl2an.,,insya allah hslny ditabung trus jdin modal buat apa aja sing penting klo ada keperluan uangnya ada hehehehe

  19. Aku punya 3 kartu shar-e. selama ini aman-aman aja kok. bisa tarik di mana aja kecuali bank Mandiri. selain shar-e aku juga ikut DPLK dan tabungan Ummat.

    Pernyataan “Bank Indonesia kartu yang paling aktif ( maksudnya complainnya ) ya kartu shar-e itu….” bukan cuman kartu shar-e aja kalo soal penipuan. semua kartu juga bisa… tinggal kita ja yang ngejaga bener-bener milik kita… kalo emang tetap tertipu insya Allah itu ada harta yang gak bener gi dibersihin ma Allah.

    Gak enaknya kalo kartu rusak gak bisa ganti kartu rekening baru dgn no. rek. yang sama. jadi no. rek ganti baru juga. kaya no. perdana seluler. gak da buku tabungan, emang kalo ngambil di bank mana aja gratis, pi kalo cek saldo kena biaya….

  20. Setauku klo nabung lewat kantor pos yang online (yang ada plangnya/spanduknya Shar-e) bisa langsung realtime masuk ke rekening(coz aq pernah coba) trus sebenernya sejak dari bulan puasa tahun lalu bisa narik juga di ATM Mandiri kok… (Aq sering narik maklum mahasiswa..) hehehe

  21. pengalamanQ di Shar-e.dulu ada temen saya se kosan pake shar-e…trus dia bilang “pke shar-e aja…per bln g ada potongan biaya” n aq g bgitu percaya..trus aq tnyakn ma tmn2 kampusQ n ktnya jg sama…”wew..masa sih”gumamQ. N aq nyoba tuk buka rek dtu jg…trus…stlh 1 bln eee bener!!!g ada potongan biaya!!!trus saat mo butuh duit…aq mo ambil tuh duit, tapi…koq g ada kantor pos buka???trus aq ambil uangQ lwt ATM BCA…coz memang mndsk bgt…trus tk ambil…eeee trnyta…g kna charge?????HEEBAAAT..ooo trnyta stlh tk cek…ngambil duit di ATM mn pun memang g bayar…but jgn liat saldo…lngsung ambil saja uangnya…setelah brbulan2 aq pke shar-e n tmn2 se kosQ jg pke shar-e.trus akhir2 ini ada kjanggalan dgn shar-e …uang temen2Q se kos pada hilang 100rb-100rb???itu yg nominalnya di atas 100rb…wew untung saja uangQ di shar-e tinggal 35rb hehehe…but koq ngeri ituh??trus dia konfirm ke CSnya…tnggapannya “memang terjadi transaksi dgn rekening ini”…wew pdhl tmn aq jg g prnh transaksi lwt atm???wehh gmn neh???n ibuQ jg mo ngirim duit…aq tkut bgt klo hilng jg…gmn neh???btw aq mo pindah bank aja ah..ini bukan 1x aja…kmaren mlm jg gitu…uang tmnQ yg pertama kali hilang jg hilang lg…100rb…aq mo ngadu ke Pihak bank Muamalat, tapi aq g tau cabang bank muamalat di Surabaya(domilisiQ kediri tapi posisiQ skr di Sby lg studi).Aq jg msh baru di SBY…BTW ada yg tau g cabang di Sby tuh di daerah mn??

  22. Wah…Kalo Shar-e gue punya 1 doank. itu jugah bukan nama gue. Punya temen yang dikasih ke gue. Hadiah gitu. Tapi ade2 gue, gue saranin beli shar-e. Lumayan lah…
    Buat gue transfer ke rekening mereka..FREE..bebas biaya
    deket rumah gue juga ada Kantor Pos. Bsai sekalian deh..setoran…
    Phone Banking & SMS Banking g masalah…..
    Malah ada m-atm lagi. cuman yang terakhir ni khusus buat kartu simpati.

    pokoknya SHAR-E ..gue rekomendasiin bnget…..
    Udah pasti sesuai SYARIAH..bebas Riba…GRATIS….

  23. Shar-e Ok.. bisa transfer/Pindah Buku pake HP /Telp Rumah. Tapi kudu daftar dulu ke Call Center.. (Biar Rek.qt Aman) jadi No. telp/Hp lain gak bisa mindahin saldo qt..transfer antar pemegang Kartu Shar-e mudah banget. gak perlu keluar Rumah.
    dah gitu kalo mau ngecek Saldo caranya mudah banget gak perlu ke bank atau ngecek Via Atm, Tinggal SMS aja. Biayanya, baiay SMS tarif Norma.

    Yah.. kalo’pun ada Kurang2nya… Coz ga da sesuatu yang sempurna kan ??

  24. hi… gw juga buka nih. udah nyoba sabulan sih lumayan lah… walaupun bunganya ga gede tapi ga ada adminstrasi yang berarti banget. dan enaknya lagi gw mo ambil di atm mana aja ga kena biaya penarikan kecuali cek saldo, trus gw bisa pake blanja juga tiggal gesek. ya.. inilah jadi boros juga… tapi ga papa lah namanya juga manfaatin fasilas kemajuan perbankan indonesia saat ini. pokoknya ok lah…

  25. Untuk saudara sheila bank muamalat cab. sby ada di Jl. Mas Mansyur dekatnya kawasan Religi Ampel.
    Satunya lagi ada Jl. Raya Darmo
    Semoga bisa membantu.
    Emang betul, salah satu kelemahan dari Shar-E adalah gak ada buku tabungannya,
    tapi petugas Bank Muamalat pernah bilang kalo kita minta print out transaksi, maka bisa di print kan..
    Hm,

  26. saya pengalaman tentang shar’e buruk juga, krn saya ngerasa kecewa sekarang katanya pasworsdnya udah bukan 4 digit lagi tp 6 digit. ahhhhh untungnya uangnya udh g da, coba kalo ada kan repot bgt, gmn nyairinnya, wong bku tabungannya ja g da……. semisal atm punya qt rusak/ hilang malah g bisa nabung dan ngambil kan. menurut saya jadi ga efisien.

  27. setauQ shar-e emg gda potongan tiap bulannya..
    tu menurutQ kelebihan shar-e.d saat bank2 laen berbebutan motong by adm,tabungan 1 ne mlh enggak..
    bebas dari riba pula..
    tapi……ad komplen baru lg ne dari temenQ..
    dy punya atm shar-e..nah,d saat dy lg butuh duwit n mo ambil tu duwit lewat shar-e nya,duwitnya g bs d ambil.
    truz..truz..dy nyoba komplen lwt tlp k SALAMUAMALAT n nada sibuk mulu..
    kesellah dy..n yg jd tempat pelampiasan adalah aq..secara,aq sekarang lg magang d bank muamalat malang n d tempatin d BMTny..n aq d suruhnya nyampein kekecewaannya dy.
    pz Q cb nyampein,mbaknya cm manggut2 aj.g tau dy lg mikir ato apa..
    yg pasti jwbn ampe skrg blom aq dapetin..ngeri bgt mo nawarin org bwt nabung d shar-e (Q d tempatin d bag pemasaran)..tp,semoga kejadian kyk gt g blangsung lm n cpt slese mslhny..
    cayo aj lah bwt bank muamalat n shar-e nya…

  28. aku lagi bingung nih.. mo bikin rekening. bank yang deket rumah itu mandiri, BCA, sama kantor pos yang ada shar-e nya.

    >>kalo BCA, yang ini ngga lah.. biaya adm. gede banget.

    >>mandiri, biaya adm.ckp gede, atm banyak, tapi makan riba.

    >>shar-e, tanpa biaya adm. tapi ga ada buku tabungan. ngeri kalo kartunya ilang. (eh,tapi bisa diganti ga sih??)

    tolong beri saran yaa

  29. biaya adm Mandiri 9.000, kalo BCA 10.000… trus share 0,-
    tapi jika anda berani meresikokan uang anda dengan tanpa adanya buku tabungan, plus pelayanan customer yang belum bisa dibilang andal, dan berbagai kemungkinan masalah seperti yang udah diceritakan teman-teman diatas.. ya Shar’e jawabannya.

    teman saya pernah bilang:
    sebuah layanan bisa dibilang baik, bukan semata gara-gara keuntungan yang diberikannya, tapi lebih pada solusi yang memuaskan manakala terjadi masalah..

    wassalam

  30. pengalaman saya nabung di b. mandiri (biasa), saldo 2,5 jt aja per bulan bisa berkurang (biaya>bunga), kalo tutup rekening kena cas 100 rb mulai April ’08. jadi yg blm punya rekening di b. mandiri jangan sampe terjebak.

  31. duh saya malah hilang uang d muamalat 300rb. pas minta print outnya gda uang yg saya tabungin 150rb 2x. katanya harus minta slip penabungan, tapi kan udah hilang donk…udh lama banget. beberapa bulan yg lalu. padahal wktu nelpon phone banking 2 minggu sebelumnya saldonya bener. rugi…gda respon dr bank. katanya g bisa dibenerin klo gda slip penabungan…duhhh balikin donkkks uangku

  32. Ikutan Dong,…….
    Wah yang bener ni gw juga dah sebel sih sama riba n potongan2 harga tentunya, ngomongnya dapat bungan tapi akhirnya kalo diitung-itung sama aja malah tekor ni.
    Nyoba ahhhhhhhh

  33. Saya malah pernah hilang uang 3 juta.

    kejadiannya baru awal mei 2009 kemarin.
    Setiap bulan kan nyetor tabungan shar-e. pas nyetor, kok dibuku tabungannya ada transaksi pindah buku sebesar 3 juta? lah wong sy gak pernah transfer.

    Pas komplain ke CS, dia bilangnya kalo transaksi pinbuk itu dilakukan lewat phonebanking. Ketika sy bilang kalo gak pernah ngasih pasword ke siapapun, CS ny bilang kalo si penjahatnya kemungkinan dapat pasword lewat hipnotis. dan katanya kejadian itu dah sering terjadi. Gitu aj penjelasan CS ny muamalat makassar.

    Hilang dah uang 3 juta. padahal itu hasil keringat yang dipersiapkan tuk biaya nikah :((

    • SAYA BARU AJA NGALAMIN,PUNYA SALDO 4.700.ooo, eh pas ambil duit cuma ada 3.700 .000, kira2 komplen di ganti nnggk ya?truss…. komplennya kmn…. domisili saya cibarusah bekasi,kantor terdekat dg almt saya dmn ya……thanks sebelumnya.

  34. Wah Iya Share TIDAK AMAN LAGI BUAT NABUNG, KEJADIAN ANEH TERUS MUNCUL,,,
    MAS AKU NABUNG TAPI TIDAK MASUK UANGE, JADI SALDO TETEP GAK KE ISI PADAHAL BARU AJA NGISI 150RB,,KOMPLIEN KE CS KANTOR POS KATANYA DANA UDAH MASUK,
    KEJADIAN ANEH ADA LAGI,,,SAYA BUAT SHARE BARU AKHIR AGUSTUS 2008 DAN UDAH SAYA KASIH DANA 200RBU STELAH ITU GAK AKU TAMBAHI DANA, EH TERNYATA SELAMA 9 BULAN INI SALDO REKENING AKU MALAH BERKURANG,,SALDO TERAKHIR TGL 23-6-09 RP.176.550,-
    kETENTUAN DARI SHARE SALDO DI ATAS 100RB TIDAK DI KENAKAN BIAYA ADMINISTRASI TAPI KOK KENYATAANYA JADI BEGINI,
    LALU YANG SALAH SIAPA,,,SAYA YANG TIDAK PERNAH NGISI SALDO ATAU DARI ATM SHARE SENDIRI YANG CURANG

  35. Saya juga nasabah shar-e cabang jogja. selama ini saya ndak masalah terhadap rekening shar-e.
    buat mas iyant, muamalat mulai bulan september 2008 memberlakukan biaya bulanan Rp.3500, jadi sampai juni anda kena biaya 9 * 3500 = 31500, So kemungkinan besar mas iyant belum konfirmasi ke cs-nya sehingga belum tau kondisi di bank muamalat dan juga jarang ke kantor bank muamalat.

    Biasanya setiap ada kebijakan yang menyangkut nasabah akan ada pengumuman di masing-masing kantor cabang / kas. Ada pengumuman baru yang mulai berlaku tanggal 1 juli 2009 yakni biaya bulanan naik menjadi 7500 per bulan. Ketika dikonfirmasi ke CS, hal ini terjadi karena ada kenaikan biaya pada transaksi di masing-masing penyedia jasa ATM Bersama dan ATM Prima. Semoga dengan kenaikan ini pelayanannya semakin bagus.

  36. jangan menabung di bank muamalat,bank muamalat sering terjadi hilang uang di atm,aku tranfer dari atm muamalat ke atm bri,saldo terdebet tapi uang tidak masuk ke rekning tujuan,bank muamalat bank miskin

  37. kalo aku rekening Shar’e punya istri,,dia nabung dari kuliah,,,awalnya memang ga ada admin bulanan,,tapi sekarang dah dikenain karena dengan satu kartu kita bisa melakukan transaksi tunai gratis di BCA/ATM Bersama/Prima…hebat kannnn, belom lagi fasilitas SMS dan Phone Banking…cuma kalo transfer lewat ATM kena potongan 5000 (info dari CS nya)….dah gitu kalo nabung ga harus ke banknya,,bisa di kantor pos ato pos keliling,asal ada jaringan internet aja kantor posnya,,,,cuma hari ni saya kaget banget,,biasanaya tiap bulan setor ke rekening istri ga kena biaya,,sekarang katanya kalo setor tabungan atas nama orang lain, atau ada yang nitip,,dikenain biaya 9900/transaksi,,hiks hiks berasa banget,,,padahal bulan lalu masih gratis,,,ada yang mau kasih info ga???

  38. Saya nabung di bank muamalat kalo gak salah tahun 2000 di Bandung. karena belum kerja dan butuh uang gak sampe setahun ditutup. tahun 2003 buka lagi di bank muamalat dengan tabungan ummat. Sampe hari ini gak ada masalah. saya juga buka tabungan shar-e sekitar tahun 2010. awalnya gak ada masalah. baru berjalan sekitar 4 bulanan mulai ada masalah. Shar-e gak bisa saya ambil uangnya. Selama 1 minggu saya coba terus tiap malam tetap gak bisa. akhirnya saya transfer shar-e saya ke tabungan saya yang lain dan sukses. akhirnya semua uang shar-e saya tranfer ke rekening saya yang lain. Tapi saya tetap suka Tabungan Ummat Bank Muamalat. Sudah 11 tahun gak pernah ada masalah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s