Pencairan Uang Muka Kontrak PBJ berdasarkan Perdirjen PB No 19/2013 di Sisi Satker

Pertengahan Mei 2013 lalu, Direktur Jenderal Perbendaharaan mengeluarkan Perdirjen PB No 19 Tahun 2013 tentang Tata Cara Pembayaran dan Pengembalian Uang Muka atas Beban APBN. Peraturan ini berlaku mulai tanggal 29 Mei 2013. Beberapa poin yang bisa saya catat dari Perdirjen ini berdasarkan pengalaman tahun lalu, dari sisi satker, yaitu sebagai berikut:

1. Penatausahaan Jaminan Uang Muka (berikut pernak-perniknya) dilakukan oleh KPPN. Sebelum peraturan ini berlaku, penatausahaan Jaminan Uang Muka dilakukan oleh PPK/PPSPM (satker).

2. Karena yang menatausahakan adalah KPPN, maka KPPN berhak untuk mengajukan klaim/tuntutan, dengan berdasarkan Surat Kuasa dari PPK dan pemberitahuan wanprestasi/cidera janji dari PPK/KPA.

3. Agar bisa melakukan eksekusi (klaim), disamping Surat Kuasa dari PPK; redaksi di Surat Jaminan Uang Muka juga harus ditambahkan kalimat yang kurang lebih berbunyi “Kepala KPPN (nama wilayah) berdasarkan Surat Kuasa dari PENERIMA JAMINAN dapat mengajukan tuntutan/klaim penagihan kepada PENJAMIN sampai dengan berakhirnya masa klaim JAMINAN UANG MUKA” (Lihat Pasal 3 ayat 5).

Saya cek di lampiran Perdirjen PB ini tidak ada contoh format Surat jaminan uang muka ini. Sementara, format surat jaminan uang muka (yang biasanya dikeluarkan oleh asuransi) pada umumnya mengadopsi dari format yang ada pada Standar Dokumen Pengadaan (SDP) keluaran dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Pekan lalu saya coba bertanya ke CS di KPPN Yogyakarta (030), format JUM memang tidak disediakan di Perdirjen ini mengingat masing-masing penerbit jaminan biasanya memiliki format sendiri-sendiri. Untuk menambahkan klausul sebagaimana diatur dalam Pasal 3 ayat 5, redaksi kalimat sebagaimana di atas, dapat ditambahkan pada poin terakhir dari Jaminan Uang Muka.

Adapun flow yang harus dilaksanakan untuk mengeksekusi Uang Muka sebagai berikut

perbandingan uang mukamohon dikoreksi jika ada yang keliru.

Semoga bermanfaat.

Cibinong, 18 Juni 2013

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s