MAKLUMAT WARGA BABAKAN

Sekitar semester genap taun kmrn (2005), warga Babakan mengeluarkan maklumat yang intinya ttg aturan jam malam, pepornoan, perzinaan dan miras. Yang tanda tangan 3 elemen, mahasiswa diwakili oleh Presiden BEM KM ipb waktu itu (Romadhoni), warga Babakan diwakili Kepala Desa dan Kepala Kantor polisi darmaga yang bersektor di Ciomas. Tapi ternyata, maklumat hanya tinggal maklumat. Ada beberapa hal yang patut disoroti di sekitar maklumat ini.

1. Definisi Babakan

Di dekat kampus ipb darmaga setidaknya ada 5 tempat yang memakai nama babakan, yaitu Bara (babakan raya), bateng (babakan tengah), balio (babakan lio), balebak (babakan lebak) dan badoneng (babakan doneng). Dari segi administratif wilayah; Bara, bateng, balebak dan badoneng ikut wilayah kabupaten bogor; sedangkan balio ikut kota bogor. Persoalan muncul karena ada satu wilayah yang tidak terakomodir oleh perangkat desa babakan yaitu balio, sehingga ketika ada suatu kasus yang terjadi di daerah balio atau daerah yang tidak termasuk desa babakan, maka kasus itu tidak bisa dikenakan oleh maklumat tadi. Padahal di daerah balio ini sering sekali diputer pelem layar tancep (waktu acara nikahan warga situ), banyak yang melanggar jam malam, de el-el …… Kalo gini, bagaimana solusinya ? saya gak tau.

2. Presiden BEM KM

Seiring berjalannya waktu, tentu saja Presiden BEM Romadhoni harus lengser dan digantikan oleh duet Presma dan Wapresma Jenal-Hanif. Namun kok gak ada dengungnya lagi maklumat itu (bahkan sejak sebelum suksesi). Tambahan pula spanduk yang dipasang dekat pos polisi darmaga dan di pangkalan angkot bateng sudah tidak ada lagi.

3. Pak Polisi

Yang lebih hebatnya lagi, pos polisinya sekarang pindah sekitar 1 km ke arah barat (ke daerah Cibanteng). Sehingga sekali lagi maklumat hanyalah tinggal maklumat ……

Intinya, ternyata bangsa kita masih suka dengan yang namanya maklumat, dengan yang namanya ini, itu yang sifatnya insidental dan tak dilaksanakan secara kontinyu, ……. karena mungkin ada sesuatu dibalik itoe ….. ada udang dibalik bakwan goreng.

2 thoughts on “MAKLUMAT WARGA BABAKAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s