Solusi BBM (yang sebaiknya dilakukan) IPB

Bukan suatu hal yang aneh kenaikan BBM di negeri Indonesia tercinta ini. Paling tidak itu yang saya perhatikan dalam beberapa waktu ini. Kebetulan yang saya cermati adalah harga bensin (baca : premium), karena belum punya mobil. Kalo punya mobil saya mungkin lebih mencermati harga pertamax.

Bulan Januari tahun kemarin saya diberi amanah oleh ortu untuk bawa motor. Sejak bawa motor itu, saya ketahui harga bensin merangkak (lebih tepatnya melonjak) naik dari Rp. 1810 jadi Rp. 2100 (kalo gak salah). Lantas jadi Rp. 2400 dan terakhir jadi Rp. 4500. Kalo biasanya duit cemban (10 rebu) bisa buat ngalor ngidul dua minggu, kini harus puas buat ke kampus dan keliling darmaga selama seminggu.

Kalo saja tembok berlin itu dibiarkan terbuka ama IPB mungkin bensin di negeri Darmaga ini akan lebih hemat. Betapa tidak, jarak dari al-amin radar (sori nyebut merek) hingga gerbang utama kemudian sampai depan GRawida sudah sekitar 2 km. Kalikan saja dengan jumlah motor mahasiswa yang berasal dari Bara, Bateng, Balio dan Balebak. Dengan demikian bensin jadi hemat, mahasiswa pun bisa menghemat waktu untuk berangkat kuliah (dan bisa berangkat lebih siang tentunya🙂 ).

Sebenarnya bisa saja sih kita lewat (pakai motor) celah yang ada di samping tembok berlin. Cuman sayangnya, celah itu sudah ditutup oleh tukang jualan vocer hape. Kita bisa lewat situ kalo sudah jam 11 malam ke atas.

Namun demikian, saya sadar bahwa usulan membuka kembali tembok berlin sebagaimana ketika saya semester 1 (itu duluu ….) perlu mempertimbangkan faktor lainnya. Yaitu alasan mengapa tembok berlin itu ditutup dengan besi horisontal setinggi sekitar 30 cm (sehingga motor gak bisa lewat). Salah satu alasan mengapa tembok berlin ditutup adalah agar motor tidak bisa lewat, sehingga jika terjadi kasus pengembatan motor, maka diharapkan motor itu tidak bisa lolos dari satpam di gerbang utama dan belakang. Kalo alasannya itu, maka hal ini bisa disiasati, yaitu dengan membuat posko satpam (dan sekaligus satpamnya). Darimana SDM-nya ?. Satpamnya bisa didapatkan dari satpam-satpam yang nganggur. Nganggur ? Saya pernah (bahkan sering) melihat dengan mata saya sendiri, di kampus biru, parkir motor dengan jumlah motor sekitar 250 buah, dijaga oleh lebih dari dua satpam. Kadang 3 bahkan sampai 5 orang. Parahnya jika sore disambi main kartu remi. Nah, bagusnya satpam “pengangguran” ini kita suruh aja jaga poskonya yang baru itu.

Bukan IPB namanya kalo gak punya ide. Tentu saja IPB punya kiat sendiri untuk menghemat BBM. Beberapa bulan lalu saya baca spanduk dan pamflet ajakan sepeda sehat setiap selasa sore. Bahkan program ini ada tindak lanjutnya, yaitu dibangunnya garasi sepeda di depan kampus fapet dan belakang kantin blue corner. Namun demikian, saya belum melihat sepeda-sepeda terparkir di sana. Wallahu a’lam, saya tak tahu mengapa demikian.

Saya rasa ada beberapa hal yang menjadi kendala gerakan sepedaan ini, antara lain : mahasiswa IPB lebih suka naik bis IPB, naik ojek, pinjem kendaraan teman atau nebeng (ini lebih disukai, karena gak modal🙂 ). Atau yang agak terhormat naik motor atau mobilnya sendiri.

Jadi intinya saya minta kepada rektorat IPB, bukain donks tembok berlin. Kalo di Jerman aja dibuka, kenapa yang di sini enggak ?

6 thoughts on “Solusi BBM (yang sebaiknya dilakukan) IPB

  1. Wah, aq jadi punya ide bwt masukin STIS ke dalam artikelku. maklum di stis banyak banget hal yang perlu dicermati. dari mulai peraturan wajib senam sampai larangan berjenggot (ga lucu kan????). oya soal masalah banner di .co.nr aq dulu dah masang banner itu( dah lamaaaaaa banget) tapi aneh secara2 tiba2 hilang. ga tau sapa yang ngilangin. waktu itu aq pake blog di imgblog, mungkin yang ngilangin imgblogny (tau deh!!)

    luthfi : silakan, silakan …, ceritakan tentang STISmu. Aku kan sudah pasang titel di blog-ku ini : Catatan Harian di Kampus Biru. Tentang dot co dot nr, silakan selidiki sendiri.🙂

  2. Ping-balik: Catatan Harian di Kampus Biru » Blog Archive » RUQYAH SYAR?I YANG TIDAK SYAR?I

  3. Ping-balik: Catatan Harian di Kampus Biru » Blog Archive » HARDIKNAS, HARI YANG MELELAHKAN

  4. Hello,
    I am having trouble with my Internet explorer.It is doing some very odd things.Sometimes it will completely close the page i am visiting for no reason or it will be very slow loading pages and when i say slow i mean very very very slow for eg i tried to google something and after 10 minutes of the page trying to load i gave up.I thought that it was perhaps the topic i was searching so i tried putting in random things to see if that made any difference but it didn’t.Another problem i had was when i was on a forum and clicked on a link and nothing happened i tried to open a new tab and that wouldn’t work either and it would let me access any options that are in my tools menu.i had to restart my computer.Just to let you know i have high speed Internet connection.Thanks in advance to anyone that helps me with this problem.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s