Catatanku Tentang Aggregator

Ketika berkenalan dengan Blog beberapa bulan yang lalu, sungguh aku sebenarnya merupakan makhluk yang lugu (tapi gak nemen2 banget). Pengalaman dengan internet sejak di honggowongso 94 Solo rupanya tidak cukup ampuh untuk mengatasi keluguanku. Namun kupikir ini masih mendingan, daripada gak tau babarbalaz ….

Aktivitas internetku berupa Blogwalking sebagaimana yang sudah kuceritakan sebelumnya masih sering kulakukan. Karena kebanyakan blogwalking aku jadi tau beberapa hal yang memang seharusnya kuketahui dan (mungkin juga) tidak perlu kuketahui. One of them adalah Aggregator (bener gak ya nulisnya ?) ……. Ketika baru tau satu atau dua blog, aku masih bisa mengingat dengan baik alamatnya + masih punya waktu (mahasiswa pengangguran :-D). Namun (meski sekarang masih punya banyak waktu juga) kurasa-rasa jadi capek, kalo harus ngetik + nge-Enter atau nge-klik satu persatu alamat url (yang kadang namanya bagus, kadang juga susah diketiknya – sering salah nulisnya), apalagi kalo nyampe sana dengan susah payah ternyata gak ada sesuatu yang baru.

Singkat cerita …… jadi tau yang namanya aggregator.

Layanan aggregator pertama kali yang kugunakan adalah My Yahoo! yang defaultnya dulu cuman layanan Untuk Yahoo! Inggris dan Irlandia (namun bisa juga digunakan oleh pemilik ID Yahoo! kawasan lain). Selanjutnya, disamping pakai My Yahoo! aku juga pakai Newsgator. Aggregator berikutnya yang kugunakan adalah Bloglines (daripada mubazir, dulu pernah daftar di sini, masak gak digunain).

Penilaian AMATIR

1. My Yahoo!

Keunggulan : Tampilan bisa diatur agar match dengan mataku atau matamu; loginnya bisa sekalian untuk Login nge-mail; bisa menampilkan fitur-fitur lain seperti kalkulator.

Kekurangan : Hanya bisa menampilkan judul artikel saja (tidak bisa menampilkan resume/ringkasannya). Jadi tiap kali ada yang baru, lalu di-klik, itu sama artinya dengan kita mengunjungi situsnya; tidak ada pengorganisasian feed (seperti folder atau direktori —- ini setauku).

2. Newsgator

Keunggulan : Bisa menampilkan resume artikel terbaru; ada pengorganisasian feed.

Kekurangan : Login tersendiri; kadang-kadang error (tidak bisa menampilkan resume artikel).

3. Bloglines

Keunggulan : Login sekalian untuk blog; selama menjadi konsumennya resume artikel selalu bisa ditampilkan (seingat saya); ada pengorganisasian feed.

Kekurangan : Peta tombol-tombolnya agak membingungkan (bagi yang masih awwwwwaaaaam dan bahasa Inggrisnya nol puthul).

Bagi yang ingin tau lebih lanjut (karena saya merasa tidak berhak untuk menjelaskannya), silakan lihat di SINI aja. Oh, ya …. Daftar blog-blog yang masuk ke Bloglines saya bisa diakses di SINI juga (yang lain).

PS : Ingat, penilaian di atas bersifat SUBYEKTIF.

2 thoughts on “Catatanku Tentang Aggregator

  1. Ping-balik: Catatan Harian di Kampus Biru? » Blog Archive » Mengintip Yahugrup yang dirahasiakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s