Mengintip Yahugrup yang dirahasiakan

Pendahuluan

Yahoogroups adalah suatu layanan milis dari Yahoo! dimana kita bisa membuat milis atau mengikuti suatu milis tertentu yang sudah dibuat oleh orang lain. Karena yang menjadi omongan kali ini adalah tentang mengintip, maka yang perlu dibicarakan hanya 2 yaitu : Setting/pengaturan Keanggotaan dan Arsip Pesan. Pertama, Pengaturan keanggotaan sebuah milis di Yahoogroups sendiri di bagi menjadi 3, yaitu : Open (kenggotaan terbuka untuk umum), Restricted (keanggotaan perlu disetujui oleh Admin), dan Closed (hanya alamat email/orang yang mendapat undangan dari admin yang bisa bergabung). Kedua, Pengaturan Arsip Pesan terbagi menjadi 4 : Anyone (siapapun bisa mengakses), members (hanya anggota), moderators (hanya moderator saja) atau OFF (gak tau maksudnya :-D).

Permasalahan

Milis yang ingin kita ikuti ternyata tertutup untuk umum. Hanya untuk komunitas tertentu saja, padahal kita ingin tahu apa saja yang mereka bahas. Atau kita mengikuti suatu milis, tapi ternyata si admin menge-set arsip pesan sedemikian rupa sehingga tidak bisa kita akses. Atau kedua kemungkinan tersebut …. Milisnya + arsip pesan tertutup untuk umum.

Solusi

Untuk melakukan praktikum mengintip ini, alat yang perlu disiapkan hanyalah satu set komputer yang terkoneksi dengan internet, browser yang kompatibel dan sebuah akun di salah satu layanan aggregator yang ada. Lalu prosedur kerja yang harus dilakukan adalah : NYALAKAN KOMPUTER – KLIK BROWSER – MASUK KE AGGREGATOR – LOGIN – KLIK MENU TAMBAH FEED – MASUKKAN LINK BERIKUT KE DALAM KOLOM YANG SESUAI [http://rss.groups.yahoo.com/group/NAMAGRUP/rss] – LALU SAVE – SELESAI.😀

Penjelasan

Sebenarnya, apa yang saya tuliskan di atas adalah fasilitas dari Yahoogroups untuk membaca arsip / resume pesan melalui sebuah aggregator. Defaultnya, hal ini hanya berlaku untuk milis yang arsip pesannya terbuka untuk umum. Namun ternyata, ketika saya coba untuk milis yang terbatas untuk komunitas tertentu (sori, tidak saya sebutkan), ternyata hal ini bisa dilakukan juga.

Penutup

* ganti NAMAGRUP pada bagian Solusi di atas dengan nama milis yang ingin anda intip

* semoga info ini bukanlah info yang basi

* yang bisa anda baca mungkin hanyalah resume / ringkasan dari pesan, attachment di suatu email defaultnya tidak tersimpan di arsip milis.

* link terkait, klik DI SINI.
* penyalahgunaan info ini di luar tanggung jawab saya🙂

One thought on “Mengintip Yahugrup yang dirahasiakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s