Mungkin nggak kita makan ikan laut segar

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, ikan merupakan makanan yang mengandung nilai gizi tinggi. Secara umum demikian, termasuk juga kandungan asam aminonya yang lengkap. Sangat beruntung sekali bagi kita yang hidup di Indonesia ini yang merupakan negara bahari.

Namun demikian, meski kita tinggal di negeri Indonesia ini, ternyata susah juga untuk mengonsumsi ikan yang segar. Paling tidak, ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya :

1. Sarana dan prasarana yang dimiliki nelayan

Huh,…. ini merupakan masalah klasik. Sebagaimana petani, nelayan juga merupakan masyarakat kelas bawah di negeri ini. Jadi, mereka hanya memiliki sarana dan prasarana yang sangat minim untuk menangkap ikan. Misal, dalam menjaga mutu dan kesegaran ikan, paling tidak harus diterapkan metode rantai dingin (menggunakan freezer atau minimal es). Namun, nelayan Indonesia tidak mampu untuk itu.

2. Fishing ground

Pulau jawa bagian utara merupakan wilayah dengan jumlah nelayan terbesar di Indonesia. Saking banyaknya, sehingga menimbulkan persaingan wilayah yang mengakibatkan wilayah penangkapan ikan semakin jauh. Dengan sarpras yang minim, fishing ground yang jauh dari pantai, sehingga sudah tidak mungkin lagi konsumen mendapatkan ikan segar, bahkan yang didapatkan adalah ikan yang sudah diformalin.

Pun, hal ini juga berlaku bagi kapal-kapal besar. Dengan besarnya ukuran kapal, setidaknya akan memakan waktu yang lama bagi kapal itu untuk mendapatkan target jumlah tangkapan sehingga ikan segar masih merupakan mimpi.

3. Distribusi

Pura-puranya, sekarang kapal sudah penuh dan kembali ke pelabuhan. Sampai di pelabuhan, muatan ikan dibongkar dan dibawa ke TPI. Parahnya, TPI di Indonesia merupakan tempat yang jorok, …. bayangkan sendiri. Lalu ikan masih ngendon berjam-jam di TPI, sebelum akhirnya terdapat pedagang yang mau membeli.

Selanjutnya, ikan berpindah tangan (dari satu pedagang ke pedagang lain) hingga ke pedagang eceran yang biasa menjual ikan dengan menggunakan pikulan (kayaknya sejak jaman majapahit sudah ada … lihat Tutur Tinular). Bisa dipikirkan, betapa ikan mengalami perjalanan yang jauh, dengan metode yang ala kadarnya, gimana bisa dikatakan segar ?

Lantas, apa yang harus dilakukan agar bisa makan ikan segar ?????

Saya pikir, ada beberapa solusi bagus ……

1. Jadilah orang kaya, gak perlu beli ikan dari pengecer. Sekali waktu, jalan-jalan ke kepulauan Seribu, mancing di sana. Dijamin, anda bisa menyantap ikan dengan kesegaran 100%. Atau, jika anda tidak punya waktu untuk mancing sendiri, utuslah staf anda untuk pergi ke Muara Baru, Darmaga Timur (jangan yang darmaga barat). Di sini anda bisa dapatkan ikan segar —- meski tidak 100%, mungkin masih 80-90 %.

2. Tinggallah di Indonesia bagian Timur atau di luar negeri sekalian. Indonesia Barat bukan merupakan negeri yang bagus untuk mendapatkan ikan segar dengan harga murah dan mutu super.

3. Solusi lain, lupakan makan ikan laut segar dan segeralah banting stir anda ke pedagang ikan air tawar hidup.

7 thoughts on “Mungkin nggak kita makan ikan laut segar

  1. Um Bahtiar
    Mungkin, tapi agak susah

    Ely
    Yah mbak, judulnya kan ikan laut. Kalo bikin kolam sendiri di rumah kayaknya agak sudah deh, tapi klo bikinnya di pekarangan rumah atau di kebun itu baru mungkin.
    Kira-kira garamnya berapa banyak klo yang dipelihara adalah ikan laut?
    He he he ……

  2. kami pikir ikan yg segar adalah ikan yg belum dibekukan. segarkah ikan2 beku ini? tentu saja, karena ikan2 ini beberapa jam setelah penangkapan langsung diolah dan dibekukan, kami memilih ikan yang sudah dibekukan setelah melihat beberapa hasil survei yang membandingkan kesegaran ikan laut yg beku dan yang dijual tanpa dibekukan terlebih dahulu, hasilnya ikan yang dibekukanlah yang lebih segar. Sebelumnya kami biasa beli ikan yg dijual dari mobil keliling, kebersihannya tentu tak diragukan lagi, karena sebelum dipasarkan harus diuji oleh lembaga tertentu, tapi ya itu perjalanan dari pelabuhan ke handel dsb memakan waktu lebih dari sehari bahkan mungkin lebih, jadi ikan yg dibekukan menjadi alternatif yg lebih baik bagi kami. Apakah supermarkt ditempatmu ada yg menjual ikan beku?

  3. Ping-balik: Catatan Harian di Kampus Biru? » Blog Archive » Kriteria Ikan Yang Segar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s