Temanku jadi korban penipuan

[Berita Basi] Beberapa hari yang lalu, salah satu personel lab biotek dapat musibah, dia menjadi korban penipuan lewat sms. Kalau dulu, sms penipuan itu biasanya dikirim atas nama nomor biasa, maka untuk kasusnya dia, nomor pengirim penipu tertuliskan INDOSAT, dan ketika direply, keluarnya juga tulisan INDOSAT. (kayaknya sudah pernah baca postingan tentang ini, tapi lupa alamat urlnya)

Sedikit langkah-langkahnya atau trik yang dilakukan :

1. Mendapat sms bahwa ybs memenangkan hadiah ini dan itu, dengan pengirim dari INDOSAT (sebagaimana sudah kutuliskan di atas).

2. Dilanjutkan dengan ditelepon dari nomor dengan kode area 021, dan diajak ngobrol dengan seseorang yang gaya kalimatnya aseli, mirip kayak customer service. Dikasih tahu kalo memenangkan hadiah sekian juta.
3. Diminta menyebutkan nomor rekening yang dimilki dan jenis/nama banknya.

4. Disuruh datang ke atm untuk penerimaan uang hadiah, lalu dikomando untuk mencet (ndudul) tombol-tombol tertentu (yang temenku inget : menu sms banking), dan ujung2nya saldonya cuman tinggal 25 ribu (saldo minimal). Temanku protes, tapi lalu disuruh keluar dari ATM dulu, karena katanya uang hadiah sedang dalam proses pengiriman.
5. Lalu dikasih tahu kurang lebih gini : “Jaringan indosat lagi rusak, jadi untuk kelancaran transfer, kita minta tolong pihak ketiga (telkomsel)”. Lalu temanku diminta beli vocer fisik (bukan yang elektrik) kartu As (sori nyepam), 50 ribu sebanyak 2 lembar.

Dasar gendeng mungkin, duitnya sudah tinggal 25 ribu di atm, dan dia pengen paling tidak uang awalnya balik, maka dia penuhi permintaan itu. Tapi namanya juga ditipu, uangnya juga gak bakalan balik. Tapi tetap aja, nekat temanku ini, yang terakhir dia disuruh beli vocer IMtri 50 ribu satu lembar. Kalo yang ini gak jadi dibeli, karena teman-temannya yang lain sudah dateng (ketemu gak sengaja) dan dia sudah dapat P3K, sampai dipukul pipinya gara-gara tidak sadar kalau dirinya ditipu.

24 thoughts on “Temanku jadi korban penipuan

  1. Berita dapet hadiah emg bisa mbikin pikiran jadi kurang cerdas. Yg kepikir dah macem2. Padahal, hadiah bisa jadi tidak menggambarkan output kompetensi. Dan apakah lantas menggambarkan keberuntungan? blum tentu. Liat aja perilaku2 sejak dapat pemberitahuan hingga hadiah itu dibelanjakan🙄

    Btw, salam kenal😛

  2. @ Semuanya
    Terima kasih atas simpatinya🙂

    @ Qzoners
    Yup, dia bisa nurut gitu kupikir karena beberapa sebab :
    1. dalam pengaruh penipu (dgn hipnotis, tekanan, dll)
    2. Ketidak tahuan ttg info terbaru tentang : sms penipuan menggunakan pengirim dari ‘Indosat’. Saya lupa dimana artikelnya, mungkin di priyadi.
    Saya sendiri setuju dengan Guntar, bahwa berita gembira bisa menyebabkan orang kehilangan akalnya, contoh kasus yang paling nyata :
    1. Dalam Islam : Hakim tidak boleh menjatuhkan vonis ketika dalam keadaan terlalu gembira
    2. Dalam uji kesukaan terhadap makanan (hedonik) : juga sama ……..

    @ Ipoul
    Yup, tul apapun untuk dapet duit.

    @ pitik
    Trims …

    @ Guntar
    Salam kenal kembali🙂

    @ MpokB
    yoih mpok ……

    @ Rendra
    Ya, itulah. Kadang kurang info tentang sesuatu bisa menjadi penyebab hal-hal seperti ini.
    Contoh lain yang pernah kutemui : HOAX. Kita sebagai orang yang sering OL, tau bahwa itu hoax. Tapi di beberapa milis, seringkali hoax itu disebarkan (karena ketidaktahuannya), contoh yang pernah kuketahui : di milis sehat — untung ada Mbak Lita🙂. Lalu di milis CitaCinta yang diikuti temanku, akhirnya kureply deh atas nama (pake imel) temanku.

  3. ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

    ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

  4. waduw… turut berduka cita mas…
    sama seperti mas Mbilung, saya sebetulnya juga heran… hare gene masih ketipu ama beginian?🙂
    tapi ya sudahlah, sudah terlanjur… semoga menjadi pelajaran berharga buat teman mas Luthfi.

    BTW, suka theme barunya, terutama font-nya… yang sekarang agak lebih gede dibanding yang dulu, lebih enak dibaca…🙂

  5. Sudah banyak korban yang jatuh, tapi dari pihak operator sepertinya tidak pernah ambil tindakan serius ya?

    Minimal kasih sms peringatan kek, seminggu sekali juga ga akan bikin bangkrut tuh, atau minimal sms penyadaran ke nomer-nomer perdana yang baru aktif. Nolong orang polos yang baru punya hape.

    Tengah malem bisa ganggu orang pake prongosi sms kuis, masa kasih sms penyadaran aja gak mampu. rakus.

  6. @ titik2
    Kok ora cetho ya. apa maksudmu ?😦

    @ TyO
    Amin

    @ Mbilung
    Maklum Om, rada’ kekurangan inpormasi🙂

    @ Bagonk
    Sama2 mas, …..
    ttg templet, ini nyobain templet terbaru dr wordpress.com dan kayaknya lbh enak jugak. Gambar headerku jadi lbh besar dan jelas🙂

    @ Donny
    Ide bagus ….. tambahan cerita : temanku waktu itu sempat berpikir dan berniat ngambil dulu smua uangnya. Tapi karena diajakin ngobrol terus (lwt hape) ama penipunya, jd niatnya itu gak terlaksana😦

    @ Anang
    Maklum Mas, kan namanya juga seneng dapet rejeki tak terduga, apalagi ‘didukung’ dengan :
    1. Sms dari ‘indosat’
    2. Orangnya pake logat ala customer service
    3. Temanku lagi penelitian – butuh duit.

    @ Wadehel
    Yup …. tapi salah alamat bro, aku belum jadi bosnya indosat😀 .
    Tapi harusnya ini memang segera ditindaklanjuti. Kayaknya harus panggil menteri perHAPEan ini.🙂

    @ Bahtiar
    He 3x🙂

  7. Ping-balik: BagonK’s Blog » SMS Peringatan dari Indosat

  8. Yup, dia bisa nurut gitu kupikir karena beberapa sebab :
    1. dalam pengaruh penipu (dgn hipnotis, tekanan, dll)
    *** ah, menurut saya, tidak ada unsur hipnotis atau tekanan..:p

    2. Ketidak tahuan ttg info terbaru tentang : sms penipuan menggunakan pengirim dari ?Indosat?. Saya lupa dimana artikelnya, mungkin di priyadi.
    *** ada di kompas, silakan cari sendiri…males ke kompas.com-nya :p

    Saya sendiri setuju dengan Guntar, bahwa berita gembira bisa menyebabkan orang kehilangan akalnya, contoh kasus yang paling nyata :
    1. Dalam Islam : Hakim tidak boleh menjatuhkan vonis ketika dalam keadaan terlalu gembira
    2. Dalam uji kesukaan terhadap makanan (hedonik) : juga sama ??..
    ***gw lebih setuju ‘teori’ ini dibandingkan teori hipnotis :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s