Jalan Gemblung Sirahe

*niru2 ndorokakung* Untuk kesekian kalinya, saya hanya bisa geleng-geleng kepala sambil mengumpat dalam hati ketika melihat jalan penghubung antara terminal Bubulak Bogor dengan pertigaan Kedung Halang yang melintasi perumahan Taman Yasmin. So far, jalan itu berada dalam kondisi yang baik (dan nyaman untuk dilewati) untuk beberapa saat dan di waktu yang lain sudah hancur diterpa hujan yang sering mengguyur kota Bogor. Tak lama kemudian, jalan sudah dalam kondisi bertambal-tambal.

Entah apa yang salah (atau siapa yang salah?), yang jelas saya pernah mengonangi (apa bahasa Indonesianya ya?) bahwa tanah yang digunakan untuk menguruk (apalagi ini? menimbun? boleh) adalah tanah sampah. Seperti yang anda ketahui, tanah sampah lama-lama kan bisa ambles bles. Akibatnya terhadap jalan? You knowlah.

Sepintas tampaknya ada yang bertanggung jawab. Lho koq tau mas? Lha iya, wong tiap kali lewat, selalu ada yang lagi kerja di sepanjang jalan itu. Suatu bentuk tanggung jawab yang aneh saya pikir.

Namun, tiba-tiba saya teringat akan sebuah wilayah bernama Baturan di pinggiran barat Kota Solo (ya ya ya, Indonesia is a beautiful city, ingat ngak siapa yang bilang itu?). Baturan secara administratif masuk kabupaten Karanganyar, secara de facto posisinya berada di depan kantor DPRD Kota Solo. Jalan menuju Baturan rusak sak (saat itu). Seolah ngak ada yang mau bertanggung jawab. Pihak kota Solo merasa bahwa itu bukan wilayahnya, sementara (mungkin) Karanganyar merasa bahwa wilayah itu jauh lebih banyak menyumbang ke kota Solo daripada Karanganyar.

Semoga tulisan ini ngak akan pernah terbaca oleh berbagai pihak yang terkait dengan pemkot Bogor, pemkab Bogor, pemkot Solo dan pemkab Karanganyar.

ps. Penggunaan kata ngak adalah disengaja. Demikian.

7 thoughts on “Jalan Gemblung Sirahe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s