AntiSpam Plugin: Matriphe Keycode

Saat ini saya menggunakan 2 plugin antispam: Akismet dan Keykodenya Zamroni (KZ). Sejak blog ini dinstall ulang sampai sekarang, ada sekitar 610 spam yang tertangkap oleh akismet. Amat mengherankan, karena pertahanan lapis pertama yaitu susunan keykode yang saya buat dapat dengan mudah ditembus oleh mesin spammer.

Sedikit yang menjadi kendala untuk KZ adalah bahwa trackback atau pingback dari tulisan lain tidak dapat masuk ke kotak komentar. Berkaitan dengan hal ini, saya menemukan statement dari Zamroni di sebuah blog sbb:

weh.. jangan berbangga dengan matriphe! keycode dulu. matriphe! keycode juga ada kelemahannya. seperti yang kang Budi bilang, matriphe! KeyCode tidak menerima pingback/trackback karena dari pingback/trackback juga memungkinkan adanya spam. mencegah spammer yg menggunakan pingback/trackback ndak semudah mencegah spammer yang beraksi lewat comment form.

inilah susahnya memfilter apakah itu spam atau bukan yg memakai XML-RPC. soal beginian, saya ndak mudeng. jadi sumonggo bagi yang mo mbantu nguprek matriphe! KeyCode supaya bisa menangkal spammer melalui pingback/trackback.

nambah. matriphe! KeyCode yang menggunakan teks biasa, mempermudah saya yang sering browsing pake Lynx.. :D btw, utk sementara matriphe! KeyCode belom bisa didownload karena hosting gratisan saya ndak menerima file kompresi. ada yg mo nyumbang hosting? :-

Nah, beberapa waktu yang lalu ada sebuah trackback (ato komen biasa ya?) dari blognya Alixwijaya yang masuk ke salah satu tulisan di blog ini. Skrinsutnya sbb:

Dengan 2 kejadian ini (tembus oleh spammer dan trekbek), yang jadi pertanyaan adalah: Kapan Matriphe Keycode 2.0 keluar? *nunggu jawabannya Zam*

6 thoughts on “AntiSpam Plugin: Matriphe Keycode

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s