Sertifikasi Guru (3)

Mulai hari Senin (10/12/2007) yang lalu, ibu saya mengikuti diklat di UIN Malang dalam rangka mendongkrak nilai berkaitan dengan sertifikasi guru. Hal-hal yang menjadi agak penting (IMHO):

1. Sertifikasi dilakukan secara bertahap, antri. Daftar, dipanggil, menyerahkan berkas/dokumen. Biasanya semakin sering seorang guru ikut suatu kegiatan (seminar, pelatihan, dll) yang ada sertifikatnya, gampang lulusnya. Kalo gak lulus, lalu ikut diklat. Diklatnya pun dilaksanakan secara bertahap. Ibu saya -qodarallah- gak lulus, jadi ikut diklat.

2. Diklat rencananya dilaksanakan dari tanggal (Senin-Ahad) 10-16 Desember 2007. Kenyataannya hari Sabtu siang kemarin sudah penutupan. Wajar, mana ada PNS kerja di hari Ahad, apalagi dosen … hihihi.

3. Bau-baunya sih (kata ibu saya) semua peserta lulus … soalnya panitia bilang (saat acara penutupan), walaupun secara tersirat.

Demikian.

ps: Penilaian sertifikasi berdasarkan dokumen (AFAIK), semakin banyak sertifikat yang dimiliki, semakin besar peluang guru untuk lolos sertifikasi. Beberapa kejadian yang terkait dengan hal ini (yang saya ketahui): guru2 baru rata2 tidak lolos sertifikasi, sertifikat dibuang (merasa gak penting) akhirnya gak lulus sertifikasi, surat keterangan dari kantor yang lama gak nongol2 sehingga dokumennya kurang dan gak lulus (kasus ibu saya).

19 thoughts on “Sertifikasi Guru (3)

  1. ah sertifikasi, kebijakan setengah hati. kalu cuma ngumpulin portofolio, yang namanya guru dan dosen sudah ngelakuin sejak jadul. lha kenaikan pangkat n jabatan pakai angka kredit kan?

    aku lagi nunggu sertifikasi juga nih. lumayan dapat 1 x gaji, iso gawe rabi meneh! wekekekeke.
    ngalam ta?

    sluman slumun ngalam-bubulak-laladon

  2. lho, kok gak kon mampir nang warnte ku to phi😀

    btw, aku buka bLog mu yg web.id ga iso,
    nggone adik mu yo ga iso sisan, heran aku karo domain web.id
    podo boikot po karo aku (domaine)😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s