Canggihnya Iklan Layanan Masyarakat

Beberapa minggu belakangan ini, radio di kost-an sering banget diputer, ntah kenapa. Stasiun radionya by default adalah RPC (Radio Pertanian Ciawi) yang letaknya jelas di Ciawi. Bagi anda yang posisinya di Bogor dan sekitarnya mungkin bisa mendengarkan radio ini.

Namanya radio pertanian (pertanian dalam arti luas tentunya), iklan yang diperdengarkan gak jauh-jauh dari pertanian; pupuk dkk serta iklan layanan masyarakat seperti penyuluhan pertanian, perikanan, kesehatan (flu burung, rabies, TBC dkk) dan sebagainya. Advance dikit berkaitan dengan bisnis yang jelas-jelas harus pake kata pertanian di depannya sehingga menjadi agribisnis.

Well, yang jadi menarik adalah iklan layanan masyarakat (ILM). Entah saya-nya yang gak mudeng dengan radio ini atau radionya yang salah fokus, saya merasa (yayayyaa … i feel not i think) radio ini terlalu pinter ketika memperdengarkan ILM. Terlalu banyak istilah kitab suci diktat kuliah di sana. Misal ILM rabies, ketika pak mantrinya ditanya apa itu rabies dan apa saja yang diserang. Pak Mantrinya jawab gini,”rabies atau penyakit anjing gila adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, menyerang saraf pusat pada mamalia dan manusia serta hewan berdarah panas lainnya …..”.

Apa gara-gara deket Ipebe? Ntahlah, saya cuman merasa radio ini gak merakyat. Itu saja.

10 thoughts on “Canggihnya Iklan Layanan Masyarakat

  1. Menilai memasyarakat atau tidaknya sebuah radio tidak hanya dari iklannya. Tapi juga dari program2nya dan cara penyiar menyajikan sebuah acara, skr ini sudah banyak bahasa/istilah yang kita kira hanya konsumsi orang yg sekolah tapi ternyata masyarakat yg tidak sekolah juga mengucapkan dan mereka mengerti. Contohnya kata/istilah Virus, ada kata lain yg lebih sederhana untuk kata ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s