Emosi

Pekan lalu saya mengawas ujian S2 *sombong mode on*. Karena dari sekian banyak yang S2 sudah bapak2 dan ibu2 (dan kebanyakan adalah DOSEN dan staf instansi pemerintah) saya biarkan mereka berdiskusi waktu ujian. I think it’s ok, selama mereka gak buka buku/catatan.

Eh, sore ini mereka (sebagian dari mereka) konfirm ke saya, apakah saya lapor ke dosen tentang kegiatan diskusi waktu ujian itu. Saya jawab tidak dan sepertinya mereka tidak percaya, walaupun sudah saya jelaskan dengan detail. Akhirnya saya katakan: Kalo misal saya lapor, apakah saya salah? Salah seorang dari mereka terhenyak kaget manakala saya sudah ngomong bahwa itu adalah tanggung jawab moral mereka sebagai dosen (yang sekarang sedang belajar), sebagai staf dll.

Akhirnya, karena saya emosi, biar gak tanggung2, langsung saya telpon dosen saya untuk memberitahukan kegiatan diskusi tersebut dan menyarankan dosen saya untuk mengadakan ujian ulang.

Blah …. di atas sekedar sekelumit cerita tentang sebagian dosen Indonesia yang sedang belajar di THP IPB angkatan 3, ujian tak bisa, nyontek teman, diskusi, dibiarkan (karena saya pikir harusnya mereka malu donk), tak tahu terima kasih, malah memaki2 yang ngawas (karena merasa pangkatnya sudah tinggi).

Ya semoga minimal ada ujian ulang. Maksimalnya? setahu saya dikeluarkan dari IPB. setahu saya juga, sekarang dosen harus S2. Jika mereka gagal S2? Mereka gak jadi dosen lagi, paling jadi administrasi.

Oh, sungguh malang Indonesia. membiayai orang2 seperti itu.

*masih emosi*

ps. Jujur saya salah, gak lapor ke dosen saya sedari awal.

14 thoughts on “Emosi

  1. Fi,

    gue marah ma lo. knp gak lo laporin atau at least lo blog in dari awal? memalukan. sebagai alumni THP gue maluuu sumpah. tapi malu yang bukan untuk ditutup2in. laporin ajah, publikasikan kalo perlu, tulis namanya.

    bete gueh.
    gue gini2 pernah nyontek juga di quiz. bukan nanya2 tapi. melaikan nguping atau kedengaran orang diskusi. itu masih ingat gue itungin 4 kali. tapi quiz bukan ujian. dan gue bertobat banget dah. disini sih amit2 deh, nyontek walau gak ada yang tahu dan orang2 gak punya Tuhan, is about dignity. u have no pride if u cheat, though no one knows.

    tapi gue pernah dikasih nilai E sama ibu sri. lantaran kata dia, dia ngasih nilai tambahan untuk murid lain, gue enggak. padahal udah gue buktiin ke asisten praktikum biokim kalo nilai gue dicurangin.

    menjijikkan praktek kaya gini. guru ujian nyontek, muridnya ngejoki ajah.
    untung muridnya kaya kamu..jangan ikutan fi, sebagai senior gue mengawasi dari jauh sini..

    (huehehehe..apaseh gue. tapi serius gue bete!)

Tinggalkan Balasan

