Webometrics Situs IPB

Beberapa waktu lalu (setelah lulus dan menikah), saya sempat bertemu dengan Pak Bambang dari Direktorat Kemahasiswaan IPB. Beliau juga merupakan salah satu dosen di departemen saya. Karena prestasi beliau yang bagus, beliau ditarik ke rektorat.

Tema obrolan saya dengan pak Bambang terkait dengan posisi situs IPB di webometrics. Beliau menanyakan jumlah blogger yang ada di IPB. Dengan agak ragu saya jawab bahwa blog dari civa IPB yang ada dalam jangkauan saya (link, pernah saya baca, pernah saya kunjungi, ada di aggregator) hanya berkisar seratusan saja. Tentu saya yakin, jumlah blogger dari IPB amat sangat banyak. Bisa jadi mereka ngeblog di friendster (yang amat jarang saya login ke dalamnya). Nah, dari situ akhirnya beliau menganggap, bahwa rendahnya posisi IPB di webometrics, salah satunya disebabkan karena jumlah blogger IPB cuman sedikit.

Pagi ini saya agak lengang, sehingga menyempatkan waktu untuk gugling apa itu webometrics, posisi universitas-universitas di Indonesia, serta beberapa url terkait misalnya dari Dikti dan pak Romy.

Oooo, ternyata ada empat parameter penilaian. Saya cuplik sedikit dari Dikti.

Ada empat unsur penilaian yang ditetapkan oleh Webometrics, yaitu visibilitas (V) yang menghitung berapa banyak link eksternal yang terkandung website tersebut, ukuran (S) yang menghitung jumlah halaman yang tertangkap oleh mesin pencari seperti google, yahoo, live search dan exalead.

Kemudian juga dihitung dari kekayaan file (R), yakni berapa banyak file jenis PDF (adobe acrobat), “Adobe PostScript“, “Word Document“, dan PPT (Presentation Document), serta “Scholar” (Sc) yang diambil dari data situs mesin pencari seperti disebutkan diatasterkait dengan tulisan-tulisan ilmiah dari perguruan tinggi bersangkutan.

Jika melihat dari parameter penilaian nomor urut satu (sebagaimana yang diterjemahkan oleh Dikti di atas), dan semoga saya gak salah tangkap (karena saya males mbaca versi en-nya); link dari situs lain sangat berpengaruh. Mirip-mirip seo🙂 .

Jadi kesimpulannya dari pertanyaan mengapa posisi situs ipb rendah di webometrics (ilmu kira-kira saya):

1. Jumlah blogger IPB cuman sedikit

2. Jika alasan pertama di atas ditolak, berarti jumlah blogger IPB sangat banyak, cuman di blog mereka tidak mencantumkan link ke situs IPB.

Nah, penilaian webometrics setiap tahunnya ada 2 periode (Januari dan Juli) … so, mumpung masih banyak waktu, mari kita pasang link ke situs IPB di blog kita🙂 .

6 thoughts on “Webometrics Situs IPB

  1. e-journal menjadi hal yang penting menurut saya. institut macam IPB, saya yakin banyak menyimpan resource konten penelitian yang sesungguhnya belum dimuat dalam bentuk digital.

    kalau blogger tidak banyak, saya pikir tidak menjadi parameter kalau blogger tersebut menggunakan domain wordpress.com atau .net misalnya. kalau menurut saya, kenapa tidak coba IPB mengajak para mahasiswa dan para dosen yang telah guru besar membuat blog. mereka menggunakan domain IPB sendiri, misalnya http://blog.ipb.ac.id/ begitu.

  2. @ eko : saiki dadi babunegara jilid 2🙂

    @ zaki : gak perlu-lah, cukup link aja, setidaknya kita udah kontribusi

    @ Eriek :
    Poin 1. E journal mah benernya tinggal kemauan aja. Soale kita dah nyerahin softcopy TA kita ke perpus pusat.
    Poin 2. Link dari blogger lumayan juga koq, seenggaknya kita kontribusilah. Beberapa situs Himpunan mahasiswa, bahkan situs BEM KM IPB sendiri, saya lihat (hingga hari ini tanggal 15 April 2009 jam 14.15 WIB), gak masang link ke situs ipb.
    Poin 3. Owh, subdomain itu dulu kita pernah rikues, cuman karena kita rakyat jelata, jd gak ada tanggepan
    Thanks utk komennya, dah lulus dari unila belum nih?😉

  3. Ping-balik: Logbook KatroK ~ Luthfi Assadad’s WebloG » Kampanyeku Gagal

  4. Nimbrung Mas , baca tulisan saya ya di :

    Menjelang dirilisnya rangking universitas dunia oleh webometrics pada Bulan Juli, saya mencoba untuk mengetes seberapa besar kans masing-masing universitas dalam meraih posisi yang lebih dari sebelumnya dengan mengcrawl via salah satu search engine (google.com) (meskipun di webometrics website universitas dicrawling melalui 4 search engine). Berikut hasilnya yang diurut berdasar point tertinggi yang didapat :

    ——————
    selengkapnya di :

    http://www.unsri.ac.id/blog/ramadhan/info/pre-webometrics-juli-2009-bag-2/mrdetail/648/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s