Tips Sariawan

Saya sering sekali kena sariawan. Macam-macam penyebabnya sih. Karena lama gak makan buah, karena kesodok sikat gigi, karena kegigit waktu makan, atau karena lupa sikat gigi menjelang tidur (sehingga malamnya saya ‘mengunyah-ngunyah’ macam memamah biak gitu deh🙂 ).

Setelah bertahun-tahun, akhirnya beberapa hal yang mujarab buat sariawan saya (gak selalu sih, nyatanya masih sariawan juga😦 ) saya temukan:

1. Makan tape secara teratur, kata Guru saya dulu di sma, tape bagus untuk memperbaiki mukosa saluran pencernaan.

2. Ganti sikat gigi (meskipun baru beberapa minggu), karena bisa jadi bentuk sikat giginya gak cocok dengan kontur gigi.

3. Madu, buah-buahan dan vitamin C yang dijual di apotek.

4. Terakhir kalo gak mempan juga, saya pake albothyl. Lumayan perih, namun hasinya lebih cepat terlihat🙂

ps. saya bukan dokter atau ahli medis, hal-hal di atas mungkin tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiyyyyahh.

3 thoughts on “Tips Sariawan

  1. Sariyawan juga bisa disebabkan oleh jamur Candida albicans. Jamur tersebut bisa dicegah dengan bersiwak secara teratur (penelitian Ari Supriyadi, THH 42).

    Kalo sariawan karena jamur itu, olesin aja anti jamur (semacam Daktar*n) di tempat yang bersariawan🙂

Tinggalkan Balasan

