Elit dan Membanggakan atau Sulit Berkembang?

Bekerja di sebuah balai di bawah badan litbang (Penelitian dan Pengembangan), membuat saya sedikit banyak berpikir tentang hal ini. Why?

Untuk sekedar info, ada dua jenis pegawai di tempat kami (untuk yang sudah tetap), yaitu struktural (terkait dengan struktur balai tentu saja) dan fungsional (terkait dengan riset). Ada yang masuk dua-duanya (dengan catatan syarat dan ketentuan berlaku). Saya termasuk yang kedua.

Nah, jenjang kenaikan pangkat untuk yang struktural sudah dapat dipastikan tiap 4 tahun sekali, sedangkan untuk yang F(ungsional) tergantung point yang diperoleh. Masalahnya adalah, poin tersebut dihitung berdasarkan paper yang kita buat, bukan berdasarkan aktivitas yang dilakukan. Aktivitas yang dilakukan ada nilainya, tapi imut sekali.

Berdasarkan poin ini sebenarnya, untuk yang F bisa naik pangkat setiap 2 tahun. Cuman saya heran juga dengan senior-senior di sini, ada yang keasyikan di S, bukan F. Ada apa ya dengan S? Apa F kurang menjanjikan? Entahlah …

Kompas beberapa waktu lalu membahas tentang dunia peneliti di Indonesia. Ya agak-agak gimana gitu😦 , apalagi beberapa waktu lalu anggota dewan (ntah komisi 2 ato 4, lupa), nyeletuk …”apa baiknya lembaga ini dibubarkan saja ya” …. Uh, seenaknya saja … mending kita buat dewan perjuangan aja ya🙂

Related tulisan di kompas.

1. Dunia sunyi peneliti

2. Bu Kadek, perekayasa di Balai Besar Pengembangan Budidaya Laut, yang saya kunjungi di Lampung tempo hari.

7 thoughts on “Elit dan Membanggakan atau Sulit Berkembang?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s