Jejaring Bisnis Makanan di Kampus

Sekitar 6 tahun saya tinggal di kawasan kampus IPB Darmaga Bogor. Selama itu pula saya menjadi penikmat berbagai jenis makanan. Banyaklah😉 . Walaupun saya tidak setelaten istri saya untuk memperhatikan kualitas atau rasa dari makanan-makanan tersebut. Pokoknya lapar – makan – jalan – makan lagiH😉 .

Waktu kemarin nulis tentang bisnis grontol jagung, saya teringat beberapa bisnis makanan lain di kampus IPB yang sifat berjualannya juga secara berkelompok (mempunyai jaringan) yang lumayan bagus. Bisnis makanan tersebut antara lain:

1. Cincau : ini termasuk yang paling awal, dari penjualnya cuman seorang yang nongkrong di masjid al-Hurriyyah, sampai ada beberapa orang. Dari yang jualan masih pake sepeda, sampai sekarang udah pake motor. Bisnis ini jaya, terutama pada musim panas dan puasa. Kalo gak salah, bisnis cincau ini termasuk binaan lppm ipb.

2. Siomay Freddy : penjualnya menggunakan pit onthel. Dengan dagangan di samping kanan dan kiri. Tiap kali mau pulang, kelompok penjual siomay ini biasanya ngumpul di bunderan IPB. Bisnis ini tampaknya semakin marak, mengingat jumlah mangsanya bertambah.

3. Burger Vida : saya cuman tahu ada 2 penjualnya. Hari-hari biasa di depan BNI, plus satu orang lagi di samping BRI kalo hari ahad. Harga satu burger antara 5000-6000. Bisnis ini tampaknya agak payah menurut pengamatan saya.

4. Bakso Malang dan grup Bakso sejenis : bisnis ini lumayan banyak penjualnya. Di daerah perkampungan saya tinggal, pada saat bersamaan bisa jadi ada 4 orang tukang bakso pada radius 25 meter. Dengan melihat fakta ini, penikmat bakso di daerah kami bisa dikatakan fanatik hanya pada penjual bakso tertentu. Walaupun, bisa jadi suatu ketika penjual baksonya gak berjualan karena sedang musim tanam atau panen di kampungnya.

Hmm, masih ada beberapa lainnya, seperti es pung-pung, batagor, martabak dan lain-lain😉

6 thoughts on “Jejaring Bisnis Makanan di Kampus

  1. IPB yah mas…wah,,yang saya inget di Jl.Bara ada Cimol yang enak…
    trus di jalan yg menuju ke arah asrama putra juga ada ayambakarnya…
    gak tau sekarang masih ada gak ya?udah lama gak kesana
    hehehe…
    salam kenal…

  2. Ping-balik: Bisnis Cireng di Kampus « Bogor – Jakarta (hampir) Setiap Hari

Tinggalkan Balasan

