Pengaruh lokasi akses terhadap data yang ditampilkan oleh Mesin Pencari

Pagi ini waktu Indonesia (22 Desember 2010 – hari Ibu di Indonesia), saya mencoba untuk mengukur kembali website bbrp2b sesuai dengan indikator webometrics (secara manual menggunakan browser). Namun demikian, ada sedikit perbedaan dengan pengukuran yang lalu (per 13 Desember 2010). Perbedaan yang saya maksud diantaranya:

1. Website yang diukur hanya website bbrp2b dan bgl esdm sebagai pembanding. Hal ini mengingat, i) posisi web bgl pada publikasi webometrics per Juli 2010 lalu ada di posisi 4 Indonesia, ii) hasil pengukuran terakhir per 13 Desember 2010 website bbrp2b dan bgl tidak terpaut jauh, dan iii) untuk posisi 1 (lipi), 2 (cifor), 3 (litbang deptan) Indonesia masih agak jauh untuk terkejar oleh web bbrp2b.

2. Pengukuran saya lakukan pada tiga lokasi yang berbeda : Jakarta (Indonesia), Belanda dan Amerika. Hal ini berdasarkan info dari pelatihan webo di UM serta publikasi skripsi E Fujianto dari Fisika UM Malang; bahwa perbedaan waktu, lokasi akses dan  ekstensi domain mesin pencari yang digunakan (eg. google.com, google.co.id) akan memberikan hasil yang berbeda. Pengukuran menggunakan situs anonim proksi. Meski berbeda lokasi, ekstensi domain yang saya gunakan tetap google.com.

3. Pengukuran hanya saya lakukan menggunakan google. Jadi hanya indikator size google, file PDF, PS, DOC dan PPT yang saya ukur.

Hasil pengukuran dapat dilihat di file berikut : data webo berdasar lokasi akses (untuk tipe ps dapat dilihat di sini)

Terdapat perbedaan yang cukup besar untuk pengukuran yang dilakukan dari Belanda untuk web bbrp2b,. Semoga saja hasil pengukuran web bbrp2b dari Indonesia pada pekan-pekan mendatang semakin membaik, mengingat pengukuran webometrics secara resmi akan dilakukan pada bulan Januari mendatang.

Well, karena ini pengukuran hanya sepintas saja; untuk yang mendatang akan saya coba ukur untuk semua indikator dan mesin pencari versi webometrics dengan lokasi pengukuran yang berbeda-beda. Semoga saja penggunaan situs anonim proksi sudah mewakili untuk apa yang disebut dengan perbedaan lokasi akses.

Jakarta, 22 Desember 2010

Luthfi Assadad

One thought on “Pengaruh lokasi akses terhadap data yang ditampilkan oleh Mesin Pencari

  1. Ping-balik: E – Notes BBRP2B :: Terus Berkarya » Data Pengukuran Webometrics Akhir 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s