Data Pengukuran Webometrics Akhir 2010

Menjelang akhir tahun 2010, sekaligus menyambut kedatangan Januari 2011 (dimana data webometrics website seluruh dunia diambil dan dipublikasikan dalam bentuk ranking), saya kembali mempraktekkan ilmu yang saya dapat sewaktu pelatihan yang lalu.

Saya mengambil data untuk parameter webometrics (Size, Visibility, Rich Files dan Scholar) dengan beberapa search engine secara manual terhadap beberapa website instansi riset di Indonesia. Data yang diperoleh kemudian saya tabulasikan ke tabel yang sudah ada rumusnya. Hasil yang diperoleh semoga tidak jauh meleset dengan apa yang akan diukur oleh CSIS Spanyol.

Hasil pengukuran dapat dilihat di file berikut: prediksi 31 des 2010

Adapun niat saya untuk mengukur dengan lokasi yang berbeda sebagaiman saya ungkapkan pada postingan sebelumnya, akhirnya saya batalkan. Sekitar sehari setelah pengukuran tersebut (antara 23-24 Desember 2010), saya kembali melakukan pengukuran dengan lokasi server yang berbeda, dimana data yang diperoleh menjadi tidak berbeda jauh antar lokasi pengambilan data. Tampaknya ada suatu proses ke arah data yang sebenarnya yang dilakukan oleh search engine.

Jakarta, 31 Desember 2010

Luthfi Assadad

Tinggalkan Balasan

