Tablet untuk Batita

Well, beberapa hari ini saya terpikir oleh suatu hal. Tak lain dan tak bukan adalah perkembangan motorik (?) Ara (28 bulan). Jaman sudah berubah, gadget juga semakin lama semakin canggih. Disadari atau tidak, hal ini juga berdampak pada anak kami yang usianya masih di bawah tiga tahun (batita).

Apakah ada hubungan antara gadget yang dipegang oleh anak dengan perkembangan motorik dan kecerdasannya? Entahlah. Saya coba hubung-hubungkan.

Yang jelas begini, jaman saya dulu; kenal mesin ketik saja pas di kelas 2 SD, kenal komputer (yang masih pake DOS dan word star) saat SMP, pegang laptop baru pas SMA.

Bertahun-tahun kemudian, saya menyadari bahwa anak-anak kecil jaman sekarang makin canggih (ortu lain pastinya juga sadar). Sejauh ini beberapa prestasi Ara yang masih terekam dalam ingatan saya misalnya pegang laptop saat posisi masih merayap (dengan mencopot tuts keyboard laptop milik @nurussadad); mampu membuka kuncian layar tablet android, bermain angry birds (dan beberapa game lainnya), mencari lagu atau film kesukaan dia dari memori tablet pada usia kurang dari 18 bulan. Dan tentu saja masih banyak yang lain (katanya sih kalo gini, siapa dulu donk Bapaknya :-)  ).

Nah, terkait dengan tablet sebagai sarana bermain dan belajar untuk batita; kemampuan anak (mungkin) terbatas dengan fitur atau menu apa yang tersedia pada tablet tersebut (bapake males donlot dari market android). Dengan kondisi tablet yang ada saat ini,  masih ada kekurangan yang belum disupport, yaitu kemampuan anak untuk menulis dengan bolpoin/pensil atau samting laik ded.

Kekurangan ini kami coba perbaiki dengan membelikan Ara pensil warna, papan tulis dan spidolnya (dulu senangnya corat coret kertas dengan bolpen). Tapi tampaknya, tablet lebih menarik untuk anak kecil (orang dewasa juga sih🙂 ). Nah, ada solusi sebetulnya, cuma belum ada anggaran untuk itu. Apa itu? Tak lain dan tak bukan adalah SamsungGalaxy Note (yang ada bolpennya itu lho). Hehehhe …. kira-kira begitu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s