Project yang (takpernah) Usai

Well, dengan kepindahan tempat kerja semenjak tahun 2012 ini, ada semacam kegamangan dalam diri saya mengenai masa depan beberapa project yang dulu pernah saya handle di level teknisnya. Hampir semuanya terkait dengan pengembangan sistem informasi berbasis web.

Dulu, disamping usaha sampingan di luaran, saya sempat menginstall beberapa aplikasi cms web untuk kantor lama. Beberapa diantaranya yaitu poliblog ENotes (wordpress), E Journal (menggunakan OJS), database “komposisi proksimat” ikan (hasil kursus ngoding), aplikasi sistem pendaftaran online untuk seminar (gabungan html biasa dengan aplikasi pihak ketiga) serta beberapa web lagi yang dibuat dengan menggunakan html pull.

Sejatinya, kebanyakan aplikasi yang diinstall digunakan untuk memenuhi kebutuhan akan suatu kompetisi perankingan institusi berbasis web (webometrics untuk R n D). Seperti penggunaan wordpress yang disinyalir ampuh untuk meningkatkan nilai indikator size (saya gunakan juga untuk optimasi indikator rich files), ojs yang sangat powerfull untuk indikator scholar dan sebagainya. Sejauh ini aplikasi tersebut di atas menunjukkan hasilnya. Pada dua edisi terakhir (Juli 2011 dan Januari 2012, setelah domain dkp.go.id menjadi kkp.go.id awal Januari 2011) posisi web kantor lama selalu di posisi 4 Indonesia.

Saya pribadi sempat “tidak pegang” sama sekali keberadaan aplikasi-aplikasi tersebut di akhir 2011. Awal 2012, saya sempatkan mengecek keberadaan mereka. Beberapa kejutan misalnya ENotes (wordpress) disusupi spam, database “komposisi proksimat” ikan menyusut datanya (tadinya ada 100-an data, hanya tersisa 10 data saja) dan beberapa lagi lainnya. Bahkan sebetulnya web yang berbasis full html tidak pernah diupdate lagi sejak dibuat. Namun, nomor 4 Indonesia (dan nyaris menjadi nomor 3 Indonesia) masih tetap bisa dipegang dengan kondisi yang seperti ini.

Tanggal 27 Februari 2012 lalu, IPB mengadakan seminar nasional (yang namanya panjang sekali) dengan nama pendek seminar webo. Pembicaranya dari beberapa institusi yang memang jawara di webometrics (ada ITS dengan repositorynya, ada LIPI yang nomor 1 untuk R n D, puncaknya ada Isidro yang merupakan “pembuat” webometrics). Saya pribadi tidak hadir, namun panitia seminarwebo sunggu baik sekali. Dari websitenya (seminarwebo.ipb.ac.id), kita bisa mendapatkan makalah dan presentasi pembicara serta mengetahui peserta yang datang darimana saja.

Beberapa institusi R n D yang ikut hadir misalnya LIPI, litbang deptan, litbang ESDM, litbang PU, litbang Kemenkes dll. Dua yang terakhir memang belum masuk katalog dan perankingan webometrics. Namun, pada pertengahan 2011 saya sempat mengukur bahwa jika litbang Kemenkes masuk ke dalam list webometrics R n D, maka webnya berpeluang untuk langsung jadi nomor 3 atau 4 Indonesia. Apalagi litbang PU dengan segala macam SNI konstruksi bangunan yang bersumber dari mereka🙂 . Kiranya, admin (dan tim) kantor lama harus siap untuk mempertahankan posisi yang telah ada.

Untuk hal tersebut di atas, tulisan ini saya buat. Why? Ya, saya memang punya akun untuk mengakses level admin nun jauh di sana; cuma netiket mengatakan bahwa saya tidak punya legal akses untuk hal itu. Mohon maaf jika tidak bisa membantu dan hasilnya masih sama seperti yang dulu.

Thanks

Update:

beberapa gambar terkait bisa dilihat pada link berikut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s