Testimoni Pelayanan – Pelayanan Teknik PLN Bogor Barat

Akhir tahun 2011 lalu, kami sekeluarga pindah ke kabupaten Bogor, tak perlu disebut detail lokasinya🙂 . Menjelang kepindahan, listrik prabayar sudah terpasang dengan baik. Sekitar bulan Februari pekan kedua, layar box meteran yang biasanya menampilkan sisa pulsa tak berfungsi sebagaimana mestinya. Yang ditampilkan bukan sisa pulsa, melainkan text berbunyi “periksa”.

Sempat panik karena sudah Jumat sore. Googling sana-sini, telpon tukang listrik yang pernah kami minta jasanya, kirim pesan ke id-gmail, baca berbagai blog, dll. Alhasil kesimpulannya: kontak PLN. Yang agak mendinginkan kepanikan kami adalah bahwa listrik masih berjalan normal sebagaimana biasa.

Kontak PLN dimana-mana adalah 123. Prediksi kami, respon via telpon ke rumah bakal memakan waktu lebih lama dibandingkan jika kami datang langsung ke markas PLN Bogor Barat (yang letaknya memang tak terlalu jauh dari rumah kami). Sabtu pagi kami ke sana. Satpam yang ramah mengarahkan kami ke loket Pelayanan Teknik yang dijaga oleh seorang petugas (yang nampaknya belum mandi karena saya duga masih menunggu temannya untuk ganti shift). Dengan ramah si petugas loket membantu kami. Dari hasil diskusi dengan petugas loket saat itu, karena box meteran kami masih (baru) dipasang, jadi ada kemungkinan “sesuatu” belum dilakukan oleh petugas yang memasang. Petugas loket lalu memberikan 20 digit angka untuk “mengatasi” tulisan periksa tersebut, dengan dilampiri nomor telepon langsung ke loket/ruangannya. Pulang, 20 digit dimasukkan, tekan enter. Tralalala …. tulisan periksa hilang dan berganti dengan angka sisa pulsa.

Tiga pekan kemudian, tulisan periksa di box meteran nongol lagi. Kali ini kami tak panik. Langsung ke loketnya dan bertemu dengan petugas loket, cerita semua kronologi (termasuk yang tindakan yang pernah dilakukan). Hasil diskusi : tampaknya ada masalah dengan jaringan listrik, entah di luar (antara tiang sampai ke box meteran) atau di dalam (internal rumah). PLN hanya bertanggung jawab untuk yang di bagian luar. Mengingat listrik masih berjalan normal di rumah kami, si petugas loket menyarankan agar kami mengontak mereka lagi ketika sisa pulsa di angka belasan. Entah apa alasannya.

Hari ini sekitar jam 3 sore (estimasi sisa pulsa sekitar 20-an), saya datang lagi ke loket Pelayanan Teknik Bogor Barat (walaupun sudah punya nomor telponnya, tetap gak PD dan gak yakin kalo telpon). Disambut oleh satpam yang ramah dan petugas yang sabar lagi. Saya sampaikan masalah saya (dan kronologi). Hasil diskusi : si petugas loket akan mengarahkan petugas lapang ke rumah kami (dijanjikan hari ini pasti datang, tapi tidak dapat dipastikan jam-nya – karena petugasnya muter2). Saya diminta alamat rumah berikut nomor hengpon. Pulang.

Menunggu sampai tertidur, akhirnya petugas lapang yang ramah dan berjumlah 3 orang (dengan mobil dinasnya) datang menjelang azan Isya (jam 19.00-19.30). Cek sekring dalam, cek sekring luar. Akhirnya disimpulkan bahwa petugas yang lama (yang memasang) kelupaan untuk memasang ground (kurang lebih begitu). Alhasil mereka lalu menyiapkan peralatan (lampu tembak, kontak server mereka, dan ada juga yang langsung beraksi dengan box meteran). Tak lebih dari 20 menit, pekerjaan usai. Saya ditanya apakah ada kode voucher listrik untuk dimasukkan sekalian. Saya jawab tak ada (mengingat sisa pulsa 20-an biasanya kami gunakan sekitar 5 harian). Semoga yang akan datang tak ada masalah lagi (termasuk soal memasukkan kode untuk isi pulsa untuk berikut-berikutnya).🙂

Kesimpulannya (sampai dengan detik ini) : petugasnya ramah, sabar dan tuntas.

2 thoughts on “Testimoni Pelayanan – Pelayanan Teknik PLN Bogor Barat

  1. saya juga pengguna baru listrik pra-bayar. baru dua hari ini listrik di rumah (sekitar Pasir Kuda) mati setiap 15 menit selama 2 jam baik di siang hari atau malam hari. Di indikatornya tertulis STL yang artinya kondisi Abnormal dan harus menghubungi petugas PLN. Petugas itu datang ketika lampunya tidak byar-pyet lagi. Ketika Petugas PLN datang dan jawabannya memang menjengkelkan. “..tidak apa2 mah itu indikator itu, yang penting sekarang normal kan ?..kami juga tidak tahu cara memperbaikinya kalo sekarang engga byar-pyet..” [PLN, 25 April 2012]…Emang petugas ini superman yang bisa terbang langsung datang kalo lampunya byar pyet lagi??? dodol

  2. saya juga pengguna listrik pra-bayar . saya pernah setiap hampir sebulan sekali keluar tulisan periksa pada meteran saya .setiap yg datang selesai benerin minta uang rokok paling kecil 50 ribu .pernah sekali saya ga kasih pas bermasalah lagi,. orang yg kemaren itu datang lagi dan dengan santainya dia bilang “” WAH INI HARUS DAFTAR ULANG LAGI METERANNYA” saya kaget masasih .lalu saya tanya kalau daftar ulang biayanya sama kaya pemasangan baru donk dia jawab “”betul itu”” .tapi saya bisa bantu supaya tidak usah daftar ulang tapi biayanya 50% dari biaya daftar ulang .lalu saya jawab, biarin deh kaga usah di benerin meterannya saya ga mau bayar biarin aja kalau pulsanya habis listrik mati saya pakai lilin aja.dari pada bayar mahal. lalu dia ngajak nego saya ngotot
    ga mau bayar .trus saya bilang mendingan saya numpang nyalur listrik sama tetangga biarin nanti bulanan bayarnya paroan atau dia biasanya bayar berapa kelebihannya saya yang bayar .akhirnya dia nyerah juga tuh .katanya ya udah bayarnya seiklasnya aja. akhirnya saya kasih dia 30ribu hehehe .dengan syarat saya minta nomor kode 20 digit .sekarang klu ada maalah saya tanganin sendiri aja

Tinggalkan Balasan

