Saya dan Pengadaan

Bekerja sebagai babuabdinegara, kata pengadaan bukan merupakan suatu hal yang asing. Sebetulnya, bekerja dimanapun tempatnya sedikit banyak pasti terkait dengan yang namanya pengadaan/procurement/purchasing. Suatu hal yang simple mungkin bisa menjadi contoh: beli bensin/BBM buat jadi kurir.

Sedikit mengerti tentang situasi di lingkungan oknum dan mafia pemerintah, mau tidak mau, suka atau tidak suka; membuat seorang kroco seperti saya belajar untuk beradaptasi mempertahankan diri terhadap serbuan, godaan, gangguan, hambatan dan tantangan yang menyebabkan SK CPNS pertama saya sebagai calon peneliti luntur. Namun godaan pekerjaan yang namanya pengadaan harus saya lakoni mulai triwulan II tahun lalu. Belajar berbagai peraturan, baca berbagai dokumen, mengedit standar dokumen dari LKPP yang tebelnya minta ampun, kenalan sama rekanan, ribut sama rekanan, berantem pas aanwijzing, belajar evaluasi dokumen dan tak lupa disuruh pakbos safari keliling pulau Jawa karena lokasi pengadaan ada di beberapa kota/daerah di pantai utara dan pantai selatan Jawa.

Cerita serem, unik, aneh dan mungkin sebagian sudah menjadi rahasia umum sering saya dengar. Belajar dari itu (maksudnya belajar yang bener untuk praktek/aplikasi yang bener juga), akhirnya saya mendapatkan salah satu sumber ilmu yang bermanfaat untuk maniak PBJ di Indonesia (berdasar PerPres 54 Tahun 2010), yaitu di forum.pengadaan.org yang dikomandani oleh pak Khalid Mustafa.

Banyak pertanyaan yang terjawab dengan tuntas. Banyak perdebatan seru (tapi tentu saja menggunakan pakem), banyak materi pelajaran yang mungkin sudah sangat tinggi, tapi tak sedikit pula banyak pertanyaan lugu dari newbie seperti saya. Akhirnya sedikit banyak saya juga berusaha meramaikan suasana di sana (dengan banyak nanya, lho!).

Akhirnya, ujung-ujungnya, postingan ini saya tutup. Semoga saya selamat sampai akhir masa pengabdian saya nanti. Kalau mengutip dari webnya LKPP: Pengadaan yang Kredibel Menyejahterakan Bangsa. Semoga!

2 thoughts on “Saya dan Pengadaan

  1. Ping-balik: Saya dan LPSE « Bogor – Jakarta (hampir) Setiap Hari

Tinggalkan Balasan

