Peserta baru Webometrics R n D

Beberapa tahun ini (tepatnya sejak 2009) saya sering sekali mengunjungi web webometrics untuk R n D. Disamping karena penugasan, ada banyak manfaat yang saya peroleh di sana, misalnya terkait dengan paper terkait Scientometics dan Webometrics, ranking institusi riset di berbagai negara serta banyak hal lainnya.

Satu yang mungkin tetap dan akan berlangsung terus yaitu keberadaan database institusi yang bergerak di R n D untuk Indonesia. Awalnya ada 10 institusi, menjadi 11 sejak kantor BBRP2B bergabung, dan menjadi 10 lagi karena Cifor yang semula didaftarkan di negara Indonesia mendadak pindah lokasi.

Terkait dengan hal tersebut di atas, tentu ada plus minusnya. Plusnya, bagi kantor yang sudah established di sana, akan tetap selalu di posisinya (untuk ranking Indonesia). Minusnya, tentu saja akan tetap begitu-begitu saja, apalagi jika webnya sudah stagnan dan tidak ada pengembangan baru ke arah yang lebih baik. Sebagian orang menganggap bahwa masuk perankingan webometrics adalah suatu hal yang keren dan membanggakan, sebagaimana jamaknya sertifikasi institusi di Indonesia. Padahal, masuk ke database webometrics cukup dengan kirim surat pengajuan sahaja. Cara meraih rankingnya pun bisa dibilang sederhana, sesederhana seorang SEO-er mengolah webnya sehingga mempunyai citra yang baik di mata search engine.

Lantas apakah saya menafikan metode perankingan ini? Tentu saja tidak. Meski secara jelas yang dinilai adalah alamat domain webnya dengan menggunakan tools berupa beberapa search engine, sebetulnya perankingan ini berlandaskan teori bahwa apa yang ditampilkan di web, adalah cerminan keseharian dan output yang dihasilkan oleh institusi tersebut. Quote yang mungkin mewakili adalah jika webnya baik berarti institusinya pun boleh dibilang baik. Alasan lain yaitu bahwa metodologi perankingan yang selalu disempurnakan oleh pak Isidro dari satu edisi ke edisi berikutnya.

Secara nasional ini tentu kurang baik jika pemainnya hanya itu-itu saja, karena ada banyak institusi R n D di Indonesia ini yang keren-keren (imo) tetapi tidak masuk list. Oleh karena itu, dalam rangka kemajuan ranking webometrics seluruh institusi R n D di Indonesia (agar tidak stagnan), pekan lalu saya berinisiatif mengirimkan 23 nama + alamat web beberapa institusi litbang di Indonesia ke pak Isidro. Beberapa alamat yang saya kirim sebagai berikut (perubahannya mungkin bisa dicek di edisi Januari 2013, masuk semua atau tidak).

Harapannya tentu saja agar semuanya berlomba-lomba menuju kebaikan.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s