Antara Rancangan Kontrak, Dokumen Lelang dan Kontrak

Sejak terbitnya Perpres 70 tahun 2012 sebagai perubahan kedua atas Perpres 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, telah beberapa kali beredar versi Standar Dokumen Pengadaan (SDP) dari LKPP selaku institusi yang menaungi urusan pengadaan di Indonesia. Sudah menjadi rahasia umum bahwa 99% panitia pengadaan dan/atau pokja ULP pasti membuat dokumen pengadaan dengan mengacu pada SDP ini.

Salah satu poin yang menjadi komponen dalam dokumen pengadaan adalah Rancangan Kontrak yang terdiri dari Draft Surat Perjanjian, Syarat-syarat Umum Kontrak (SSUK) dan Syarat-syarat Khusus Kontrak (SSKK). Yang menjadi permasalahan adalah sebagai berikut:

1. Dokumen pengadaan dibuat oleh panitia dengan cara mengedit SDP. Sementara salah satu komponen dokumen pengadaan adalah Draft Surat Perjanjian, dimana Draft ini nantinya diharapkan bukan hanya sekedar draft belaka.

2. Surat Perjanjian adalah kewenangan dari PPK, ditandatangani oleh PPK dan Penyedia setelah ada penetapan penyedia, pengumuman, SPPBJ dan jaminan pelaksanaan (dengan kata lain setelah proses pengadaan/lelang selesai); namun draftnya ada di Dokumen Pengadaan.

3. Bagaimana mensinkronkan 3 dokumen yang berbeda yang kewenangannya dimiliki oleh 2 organ pengadaan yang berlainan?

Solusi yang bisa diambil sebagai berikut: Saat penyusunan dokumen pengadaan, PPK ikut serta dalam proses, terutama terkait rancangan kontrak. Sebetulnya bukan hanya karena ada rancangan kontrak yang merupakan wewenang PPK, melainkan juga karena spesifikasi pekerjaan ada di dokumen pengadaan (yang diambil dari HPS buatan PPK). Harapannya, rancangan kontrak merupakan hasil output PPK, dibundel (ditetapkan) oleh panitia dalam dokumen pengadaan, dan ketika sudah selesai lelang, PPK tinggal tandatangan saja kontraknya.

Lantas, apakah masalah jika rancangan kontrak ini tidak ada campur tangan PPK? Wallahu a’lam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s