[buku] Eksplorasi Konsep Kekayaan Intelektual untuk Penumbuhan Inovasi

buku suprapediSaat ini, saya sedang merampungkan membaca sebuah buku (tipis) yang belum habis saya baca selama hampir 3 pekan ini. Buku tersebut berjudul Eksplorasi Konsep Kekayaan Intelektual untuk Penumbuhan Inovasi yang ditulis oleh (mendiang) Dr. Ahkam Subroto dan Dr. Suprapedi. Beliau berdua adalah peneliti dari LIPI. Buku ini menitikberatkan pada penelitian, inovasi dan kekayaan intelektual (cmiiw).

Berbeda dengan kebanyakan buku-buku lain yang membahas kekayaan intelektual dari sudut pandang masalah hukum dan aturan perundang-undangan, buku ini tidak begitu (klaimnya). Setelah saya baca sekilas dua kilas, memang beda banget. Saya mendapatkan berbagai informasi pengetahuan semacam “Tahukah Anda” dari buku ini serta merefresh otak saya yang penuh dengan peraturan perundang-undangan yang njlimet ndak karuan itu.

Buku ini saya peroleh dari Pak Suprapedi, salah satu penulisnya, pada saat saya mengikuti kelas beliau. Sebagai peserta teraniaya, karena mungkin beliau kasihan, atau mungkin pandangan beliau jauh ke depan melihat potensi salah satu peserta kelasnya (*uhuk), alhasil 1 dari 4 buku dihadiahkan ke saya. Tiga buku lainnya meluncur ke Ivon A – Papua (Biomedis), Dewi – Cibinong (BIG), dan satu lagi lupa🙂 .

Salah satu yang saya suka dari buku ini, setiap ada suatu istilah, atau bagian tertentu yang perlu penjelasan lebih detail; penulis langsung menuliskannya pada footnote. Mirip dengan beberapa kitab klasik yang saya baca, mungkin hal ini karena salah satu penulisnya kelahiran Jombang yang di sana banyak pesantren dengan kekhasannya berupa kitab kuning *menduga-duga.

Buku bagus, sangat menarik, cuma sayang belum selesai saya baca😦. Terima kasih pak Suprapedi atas bukunya.

Tinggalkan Balasan

