Pendekatan terhadap Proses Pengadaan Barang/Jasa: Pendekatan Manajemen vs Pendekatan Hukum

Syahdan, suatu ketika saya membaca buku karya pak Samsul Ramli (lebih lanjut tentang bukunya bisa dilihat di halaman berikut). Beliau mengemukakan (saya lupa di halaman berapa :-)  ) bahwa sebaiknya pengadaan barang/jasa dilakukan dengan pendekatan manajemen, bukan hukum.

Mudah-mudahan saya tidak salah menafsirkan buku beliau🙂 (yang berikutnya adalah hasil pemahaman saya setelah baca-baca). Sebab selama ini, proses PBJ mulai dari proses awal pengumuman lelang sampai dengan kontrak bahkan hingga pelaksanaan kontrak dan serah terima barang selalui dibumbui, dilaksanakan, berdasarkan dan dengan payung hukum. Beliau menyampaikan bahwa dengan pendekatan manajemen, tentu proses PBJ tidak akan suram sebagaimana saat-saat ini.

Namun demikian, sayangnya, ketika kita ke toko buku (misalnya Gramedia), buku-buku bertema Pengadaan Barang/Jasa selalu dikelompokkan sebagai buku bertema hukum. Bahkan buku pak Samsul Ramli tersebut juga diletakkan pada jajaran rak buku tentang hukum, bukan manajemen. Nah, lho!

One thought on “Pendekatan terhadap Proses Pengadaan Barang/Jasa: Pendekatan Manajemen vs Pendekatan Hukum

  1. Terimakasih atas rethreadnya Pak Luthfi… begitulah kenyataannya Pak Pengadaan barang/jasa kadung dikategorikan dalam bidang hukum, saya sendiri saja sebagai penulis tidak berhak menetapkan bahwa buku ini adalah buku tentang manajemen pengadaan publik…pertimbangan pasar penerbit dan toko buku🙂
    Semoga isi buku bisa bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s