Kambing yang mengembik

Sore kemarin, ketika berkesempatan pulang ke rumah lebih cepat dari biasanya, saat memasuki gang ke arah rumah; terdengar suara kambing mengembik di samping saya. Posisi kambing sebetulnya masih di dalam kandangnya, jadi saya kurang jelas betul apakah ybs adalah kambing atau domba. Versi teman-teman di peternakan (mohon koreksi jika saya keliru), domba adalah yang berwarna putih (gibas), sedangkan kambing selama ini diasosiasikan dengan kambing jawa. Ini mengingat saya cuma kenal 2 jenis kambing, terutama jika melihat sesi penyembelihan pas idul adha.

Di area tempat tinggal saya sekarang ini, kambing merupakan komoditas penting. Beberapa waktu lalu ada tetangga yang meng-aqiqah-kan puteranya, memesan kambing dll untuk aqiqah dari penyedia aqiqah yang ada di kota (saya tinggal di pinggiran). Ternyata kambingnya dipelihara dan disembelih di Jejeran, kampung sebelah rumah. Ini baru masalah aqiqah.

Bukti pentingnya komoditas kambing di kampung tempat saya tinggal, dapat dilihat dari banyak dan bertebarannya warung / restoran sate klatak. Betul, saya tinggal di dekat sate klatak yang tersohor se-Indonesia itu. Saking banyaknya penjual sate klatak, bisa disandingkan jumlahnya dengan penjual mie ayam asal Wonogiri di sepanjang jalan Imogiri Timur🙂.

Namun demikian, tak semua warung sate klatak ramai akan pengunjung. Hanya sebagian yang punya nama beken. Sisanya, mudah-mudahan bisa beken dan terkenal di kemudian hari. Saking ramainya, parkirannya sampe ratusan meter🙂. Termasuk sebentar lagi, menjelang idul adha. Meski banyak kampung, mesjid, mushola menyelenggarakan pemotongan hewan qurban; warung / restoran sate klatak di sini tidak terpengaruh dan tetap buka.

Salam klatak.

Tinggalkan Balasan

