Sertifikat – Estafet

Sekitar tahun 2011, setahun setelah keluarnya Perpres 54 tahun 2010; materi awal diklat PBJ selalu diisi dengan diskusi mengenai perbandingan antara Keppres 80 tahun 2003 (aturan lama PBJ) dengan Perpres 54 tahun 2010. Hal ini cukup beralasan, tentu terkait dengan brainwash dan transisi teknis dan pemahaman yang dimiliki oleh rekan-rekan senior, dimana beliau-beliau telah sangat berpengalaman di dunia PBJ, namun belum lulus sertifikasi. Pas mau sertifikasi lagi, eh aturannya sudah ganti.

Saya dan beberapa rekan junior sebaya dari pabrik berkesempatan mengikuti pembekalan materi Perpres 54/2010 sekaligus mengikuti ujiannya dengan menggunakan LJK (masih manual). Pre test dan post test dapat nilai jelek. Namun alhamdulillah saat ujian saya bisa mengerjakan. Sebulan kemudian diumumkan lulus dan dapat sertifikat dengan masa laku 4 tahun.

Entah apa yang ada di benak bos kami waktu sehingga mengirimkan kami untuk satu hal yang waktu itu belum kami ketahui manfaatnya. Mungkin hal ini merupakan bagian dari yang namanya regenerasi dan pengembangan kapasitas pegawai pabrik.

Sampai kemudian setelah lulus sertifikasi, SK internal keluar dan kami diberi mandat mengaplikasikan pengetahuan hasil kursus kilat seminggu tersebut. Bagi saya pribadi, hal itu merupakan wahana untuk ujicoba/berlatih. Karena di kemudian hari saya akhirnya menyadari, bahwa Perpres 54/2010 tidak cukup kuat untuk mengeksekusi anggaran pabrik. Harus dibarengi juga dengan bekal lain di bidang keuangan (misalnya).

Bertahun-tahun kemudian, di pabrik yang berbeda, hal yang sama kami aplikasikan. Karena sadar, roda berputar, regenerasi harus, dan sertifikat PBJ ini (dan juga mungkin nanti ada sertifikat-sertifikat mandatori lainnya) merupakan bagian dari bekal untuk para pembawa tongkat estafet pabrik kami. Cuma sayang, saat ini wahana berlatih sudah jauh berkurang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s