Sapi dan Mekanisasi

sapi - klaten

Mekanisasi katanya adalah penggunaan mesin yang tersistem untuk menggantikan berbagai proses yang menggunakan tenaga manusia maupun hewan.

Perlu proses “agak panjang” untuk menemukan alat bantu sekaligus alat pengganti tenaga manual tersebut. Hal ini tidak bisa sim salabim, bahkan yang lebih lama sedikit dari sim salabim seperti kejar tayang 1 malam ala Bandung Bondowoso-Roro Jonggrang pun belum tentu. Guyonannya, cuma kapal selam (pempek, bukan kapal selamnya TNI AL) dari Palembang yang bisa dibikin dalam sekejap.

Sapi purna tugas dari per-gula-an

Sejarah pembikinan gula pun dimulai dengan hal-hal sederhana. Misalnya alat untuk memeras tebu (gambar di bawah) yang masih menggunakan tenaga sapi untuk memutar 2 buah silinder, dimana batang-batang tebu dilewatkan/dijepitkan melalui 2 buah silinder tersebut hingga menghasilkan air tebu yang siap diproses lebih lanjut (sambil berdoa rendemen-nya tinggi).

Sapi yang berjasa besar ini diberi upah dedaunan tebu yang masih hijau plus ampas dari pengolahan gula (kabarnya begitu). Feses / tinja / manure dari sapi siap ditampung untuk pupuk di lahan.

Demikian bertahun-tahun hingga muncul-lah alsin pengganti tenaga sapi tersebut. Sapi-pun purna tugas dari area per-gula-an.

*gambar diambil di Museum Gula Gondang Winangoen – Klaten, Jawa Tengah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s