Rekomendasi Teknologi Kelautan dan Perikanan 2016

cover rekomtek

Finally, akhirnya diterima juga buku Rekomendasi Teknologi Kelautan dan Perikanan (rekomtek) tahun 2016 dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan :-). Sayangnya, terbitnya buku ini tidak dibarengi dengan terbitnya Keputusan Menteri KP untuk payung legal rekomtek ini.

Buku ini merupakan tindaklanjut dari UU Nomor 16 Tahun 2016 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, sekaligus perwujudan fungsi Komisi Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Komisi Litbang KP) sesuai Keputusan Menteri KP Nomor 43/KEPMEN-KP/2013 tentang Komisi Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan. Sejauh yang pernah saya dengar, teknologi yang disampaikan oleh penyuluh kepada pelaku usaha seharusnya merupakan teknologi yang sudah terekomendasi oleh unit litbang. Dalam hal ini salah satunya melalui penerbitan buku ini.

Lantas, apa hubungannya dengan Kepmen KP untuk payung legal rekomtek ini? Hal ini salah satunya terkait dengan pemanfaatan buku rekomtek ini oleh peneliti itu sendiri. Jika buku rekomtek ini juga ditemani dengan Kepmen KP pada saat pengajuan angka kredit, angka kredit yang diperoleh (dikabarkan) bisa mencapai 50 poin. Aturan tentang hal ini salah satunya ini bisa kita telusuri di web pusbindiklat peneliti LIPI (menu download, juknis JFT peneliti – Perka LIPI No 2/2014), dimana rekomtek ini diharapkan bisa masuk ke unsur III.A).

Sejauh ini melalui database peraturan hukum milik KKP di alamat infohukum.KKp.go.id, terakhir kalinya diterbitkan Kepmen KP Nomor 77/KEPMEN-KP/2014 dan Kepmen KP Nomor 116/KEPMEN-KP/SJ/2014 untuk rekomtek 2014.

Sudahlah, tak mengapa. Oh iya, saya dan tim di kantor urun beberapa halaman di buku rekomtek ini. Selengkapnya bisa diunduh melalui halaman ini (link tidak hidup, mohon disalin-tempel manual).

https://drive.google.com/file/d/0B0QjNAO4Yh8hZVFidHdpY2hQSG8/view?usp=drive_web

Update:

ada info dari Pak Fauzan Hidayat, jika link di atas tidak aktif. Sebagian dari file rekomtek tersebut adapat diunduh melalui tautan berikut

  1. Alat Pencacah Tulang dan Kepala Ikan – Shredder untuk Pengolahan Tepung Ikan. Luthfi Assadad, Bakti Berlyanto Sedayu, Wahyu Tri Handoyo
  2. Rekayasa Proses Pengolahan Abon Ikan Secara Mekanik. Jamal Basmal, Luthfi Assadad, Arif Rahman Hakim.

Update2:

Ada info dari Sdr. Edwin Lutfi untuk link valid dan resmi dari web BRSDMKP. Bisa ke halaman ini

http://brsdm.kkp.go.id/detail_jurnal/km/rekomendasi-teknologi-kelautan-dan-perikanan-2016

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s