Purbowaseso

Dari semenjak terakhir kali memutakhirkan blog ini, telah banyak hal-hal terjadi di luaran sana. Semenjak 2016, hal-hal yang berbau politik (nasional) makin masuk dan meruyak ke dalam. Ruang-ruang kosong di masyarakat kita, bahkan pada tataran keluarga-pun dipenuhi dengan hal-hal berbau politik.

Mungkin betul, bahwa sebetulnya hal-hal ini tak melulu karena masyarakat kita makin cerdas, atau makin modern di tengah hiruk pikuk alam demokrasi. Namun juga karena didukung ketersediaan berbagai fasilitas yang ada. Gadget makin membumi, harga paket data makin murah; sementara (mungkin) sebagian besar di antara kita belum siap betul menghadapi keramaian jagad tanah air di dunia maya.

Purbowaseso. Istilah ini baru saya kenal sekitar 2-3 hari lalu melalui cerita perebutan tahta kasultanan Demak yang diceritakan secara apik dalam narasi kisah diksi yang ditulis oleh Apung Swarna (lengkapnya bisa dibaca di sini: https://keris-kyai-setan-kober.blogspot.com/). Purbowaseso alias kekuasaan-lah yang selama ini menjadi inti utama keramaian-keriuhan yang ada di kita. Di level akar bawah ribut, sementara di level atas saling tos, makan dan minum bersama. Serangkaian kisah di masa lalu pun terjadi dengan alur yang kurang lebih sama. Itulah makanya ada yang namanya Sengkuni, tokoh protagonis, tokoh antagonis, dst.

Kisah fiksi sejarah di berbagai buku yang bertengger di rak-rak toko buku dan perpustakaan kita, ternyata berkesesuaian dengan apa yang ada saat ini. Mungkin hanya beda waktu, lokasi dan tokoh-tokohnya.

Sejarah ternyata bisa diceritakan secara sederhana ya. Dan ada pengulangan-pengulangan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s