Kereta Kencana

kuda

Dalam perjalanan ke pabrik alias opis hari ini, di sepanjang jalan Imogiri Barat saya menemukan ‘kotoran kuda’ di beberapa titik. Ada apakah gerangan? Ntahlah.

Sependek pengalaman saya menyusuri jalan ini selama beberapa tahun ini, baru kali ini saya menemukan hal ini. Apakah ada semacam acara mencari jejak ala dora dengan menggunakan kotoran kuda? *agak jorok

Pertanyaan saya terjawab tatkala sesaat kemudian saya berbalik arah menelusuri jalan yang sama ke arah kota menuju RSUD. Ada konvoi kereta kuda alias delman alias andong menuju arah Selatan. Entah sedang ada keramaian apa di sana. Mengingat para kusirnya sudah berkostum rapi dengan menggunakan baju surjan bermotif kembang khas ngayogyakarta. Tetiba teringat Umar Kayam (mendiang) dengan kereta kencana garuda yaksa yang ternyata adalah sebuah jip.

Di jalur yang satunya, saya dan rombongan motoris berpacu ke arah kota. Konvoi juga. Tapi ke tempat tujuan yang berbeda-beda.
*gambar sekedar ilustrasi, ditemukan via google

Leave a comment