iQIYI

iQIYI (Hanzi: 爱奇艺; Pinyin: Ài qí yì), sebelumnya bernama Qiyi (奇艺), adalah sebuah platform video daring asal Tiongkok yang berpusat di Beijing, dan diluncurkan pada tanggal 22 April 2010. Demikian dikutip dari wikipedia.

iQIYI ini saya unduh pertama kali tahun lalu untuk menonton serial detektif jaman dinasti Ming. Mirip-mirip dengan aplikasi streaming sejenis (youtube, vimeo, viu, mola, dst) yang menawarkan berbagai jenis tayangan. Jenis tontonan yang ditawarkan di iQIYI sependek yang saya tahu cuma ada: pilem cina, pilem korea, drama cina, drama korea, dan anime.

Beberapa hari terakhir, sinetron Indonesia koq ya sudah mulai merambah iQIYI. Putri untuk Pangeran (dikasih judul keminggris: Princess for a Prince) mulai episode 472, Amanah Wali mulai episode 89, dan mungkin akan menyusul lainnya. Berbeda dengan serial dari cina dan korea yang sejak awal sudah ada kepastian akan berakhir di seri berapa tayangan tersebut, sinetron yang saya tuliskan di atas masih belum klir betul akan berakhir di angka berapa. Mungkin setali tiga uang dengan sinetron Ikatan Cinta yang baru saja diendorse oleh pak Mahfud.

Sebagai WNI yang menjadi member VIP iQIYI (karena faktor promo) sampai tahun depan, saya berada pada posisi dilema antara bangga dan sedih.

Leave a comment