Sumber Kencono

Bagi anda-anda yang rumahnya dekat dengan jalur utama Surabaya-Madiun-Solo-Jogja pasti sudah tak asing lagi dengan nama ini. Yap betul, Sumber Kencono adalah nama sebuah bus Gede yang melayani rute Surabaya-Jogja.

Tak ada yang aneh sebenarnya dengan nama bus ini, lantaran saya juga gak diajak rembugan waktu ngasih nama bus :-) . Namun demikian, sepertinya nama bus ini mengandung bakat terpendam, seperti apakah bakatnya? Mari kita simak cerita tidak jelas berikut ini.

Rute

Awalnya, jelas bus ini melayani rute atau trayek Surabaya sampai Jogja seperti yang sudah diceritakan di atas. Namun demikian, ternyata di kemudian hari, bus ini juga melayani jalur Surabaya-Solo-Sukoharjo-Wonogiri yang rasanya tak terlalu laku. Hal ini dikarenakan pemain jamur jalur Wonogiri-Solo merupakan pemain lama yang sudah handal (buktinya gak bangkrut-bangkrut :-) ). Alhasil, setahu saya, trayek ini kemudian tutup.

Pada awal saya masih kuliah di IPB, sekali waktu saya juga pernah melihat trayek bus ini yang melalui jalur Surabaya-Madiun-Solo-Semarang. Jadi kalo sampai Kartosuro harusnya dia belok kiri (kalo mau ke jogja), bus ini ada yang tetap mbablas lurus menuju ke Boyolali-Salatiga-Ungaran-Semarang. Tak jelas apakah trayek ini masih ada atau tidak, namun saya yakin kalo bus ini tidak mungkin nyasar sampai ke Kendal :-D .

Saingannya

Pesaing utama dari bus ini sebenarnya ada banyak, antara lain bus-bus Gede juga yang melayani rute Surabaya-Jogja dan juga bus-bus yang melayani rute Sragen-Solo dan Sol-Jogja. Untuk pesaing bisnis yang jarak jauh (Surabaya-Jogja), beberapa merek yang dapat disebutkan yaitu Mira, Eka, Akas (ketiganya trayek Surabaya-Jogja); lalu ada juga Dahlia Indah, Maju, Restu dan … lupa … (trayek Malang-Surabaya-Jogja-Purwokerto). Namun demikian, dari pantauan saya dan pengalaman pribadi, konsumen cenderung memilih bus yang mempunyai trayek Surabaya-Jogja dibandingkan bus Malang-Purwokerto. Entah mengapa, namun yang saya rasakan adalah bahwa busnya jelas lebih baik, gak berisik (suara klaksonnya gak masuk ke dalam bus) serta lebih cepat nyampai. Ibu saya sendiri memberi testimonial bahwa bus Maju yang ditumpanginya seringkali tak maju-maju, karena busnya sering ngetem dan atau kalah cepat dibanding bus macam AKAS dan Sumber Kencono. Para gadis dan jejaka mahasiswa yang kuliah di Solo-Jogja pun kadang lebih suka menunggu lama di terminal, hanya dalam rangka menunggu bus-bus ini.

Untuk pesaing dari bus-bus gurem Sragen-Solo dan Solo-Jogja, ujung-ujungnya menuai keributan dan demo dari awak bus lokal tersebut (AKDP=Antar Kota Dalam Propinsi). Hingga, pas saya kelas 3 SMA, ada semacam MoU yang disepakati antara mereka yang bertikai dalam masalah ini di sebuah tempat yang dinamakan dengan Loji Gandrung. Sekedar info, loji gandrung ini merupakan rumah dinas walikota Solo, letaknya di samping stadion Sriwedari.

Inti Cerita

Entah mengapa, kata sumber kencono ini menjadi sebuah idiom yang sering saya dengar selama weekend minggu ini dan weekend minggu kemarin (lalu) :-) . Hal ini tak lain dan tak bukan dikarenakan adanya mbak ini. Semoga ada orang lain yang bisa bercerita lebih baik tentang bus ini.

Cihuyyyyy!!!! *kembali kerja*

========

Update 2 Juni 2007

Tulisan ini nangkring di urutan pertama di Google dengan keyword Sumber Kencono? ;-)

70 gagasan untuk “Sumber Kencono

  1. *PERTAMAXX*
    pagi2 sambil ngopi, mampir dimari.

    kerja sampingan nih jadi kondektur bus, segitu hafalnya segala jurusan sampe jalur2nya :D

    mang..mang….kalo bus jurusan IPB-Surabaya yang ngga pake macet pake bus apaan yah?

  2. Jarang banget naik bus, jadi gak tau… :)
    Tapi dulu ada pasienku yang jadi pengawas Bus, dia cerita kalo usaha bus sekarang seret. Hasilnya dikit. Ya, bener juga seperti yang diceritakan mas luthfi itu.

  3. @ Gaussac : Naik bus malam :-)

    @ Agam : masak sih? padahal tulisan ini niatnya becanda lho *serius*

    @ Zam : wah, dirimu gak ngerti asbabun nuzule “sumber kencono” ya?
    Coba takon yang si gito

  4. SaLam Bro…
    BLogWaLking … akhirnya mampir kesini dech,
    kebetuLan kemaren sempat naek Sumber Kencono dari Jogja ke KLaten, Lumayan enak… cepet!

    segitu aja,
    thanks

    =SaLam.dr.Jogja=

  5. @ junthit : iya, sayangnya aku sekarang jarang ke surabaya :-)

    @ Hedi : wah, iku mesti bis sing patas yo ? :-D

    @ kw : aku pernah numpak Damri, dari pertigaan Ajibarang (bukan terminal Purwokerto) sekitar jam setengah 6, sampe terminal jogja sekitar jam 9 :-)

  6. loh kamu suka naik bis desa itu toh? emang kamu orang mana sih lutpi? desa mu mana…jgn2 aku pernah ke desa mu naik bis itu
    ================


    Luthfi : halah, dasar wong Pajang (pinggiran Rel + pinggiran Solo) :-)

  7. aku inget tahun 1995, ada temen baekku juga tertabrak hingga tewas oleh bis Sumber Kencono ini, sampai kami menggelari bus ini jadi Sumber Bencono….

    innalillahi wa inna ilaihi rajiunn….

  8. pas jamane-e bis Flores kowe rung lair yo luth?wah..kabeh bis sing mbok sebutne..lewat dah!!saiki Flores berubah jadi Eka dan Mira. Eh ono bus sing jurusan Suroboyo Solo mlakune alon2 banget jenenge Maju Mapan…

  9. Ping-balik: KOPDAR CICO BOGOR « KELUARGA SEPEDA

  10. hahahahahahah…
    dibahaasssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

    buz murah meriah.. sluman slumun slamets..
    doh doh doh.. tibak e yo kecelakaan..

    polae bis se ngambeg ra tau tak tumpak i.. :p

    *uwawas yo lupi.. ga tek cipika cipiki maneh yo..*

    *dazz
    [tak pentungi.. tenan nek ketemuh]

  11. @ Mbak Mitah

    hahahahahahah…
    dibahaasssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

    lho, kan sesuai request :-)

    buz murah meriah.. sluman slumun slamets..
    doh doh doh.. tibak e yo kecelakaan..

    hehehehe, gambar kuwi ngembat lewat gugel koq :-)

    polae bis se ngambeg ra tau tak tumpak i.. :p

    *uwawas yo lupi.. ga tek cipika cipiki maneh yo..*

    halah … ojo ngono :-)

    *dazz
    [tak pentungi.. tenan nek ketemuh]

    waksss … *menghitung hari hingga jumat*

  12. Waduh syereem yah… kayaknya kedepan nggak cuman kursi sopir aj ayang mesti dipasangi seatbelt – agar nggak terpental kedepan..

    Kapan yah pelayanan jasa angkutan umum bisa bener2 kompeten, ya pelayanannya dan orang2 yang melayaninya.. :D

    Persis sama dengan di Monrovia..

  13. @all
    lama-lama bis sumber koncono dadi Sumber Bencono….hehehehe mangkane naik mis MILA wae (podo antere)…. bis2 jatim emang kenceng2 kalo di jalan…

    halah, iyo2 sing kuliah ndok unjem, eh unedj

  14. bis ini sempet jadi langganan buwat mudik ke nganjuk.. (dulu)
    tapi begitu santer gosipnya kalo Sumber Kencono banyak copetnya, jadi beralih ke lain hati eh ke lain bis…
    ngeri men rek!
    nguebut tah?

    gebuki aja copetnya :-)

  15. loji gandrung, heh? ini semacam gedong asmara gitu kah? huh, nama yang aneh .. :P

    saya juga gak diajak rembugan koq waktu peresmian loji gandrung ini :-)

    Ya, loji gandrung dari tampilan fisiknya mrpkn bangunan peninggalan Belanda :-)

  16. setahu saya sumber kencono masih jalan di Semarang-Solo-Surabaya.saya pernah ketemu di pintu keluar terminal bis terboyo jam 04.30 sekitar bulan puasa tahun lalu.waktu itu saya dalam perjalanan dari surabaya ke jakarta.

  17. penak cah numpak sumber kencono,mripat ngantuk dadi melek(piye arep turu lha wong mikir nyowone dewe2),weteng luwe dadi wareg(lha arep mangan ra kolu),wong ngamen mikir2 disik yen arep numpak(mikir yen gitare rusak), cepet tekan(koyo alap2),personele sabar(sugih duit),ra kesuwen mandhek(lha penumpange wis bhek),yen balapan mesti menang(lha liyane wedhi),jantung menjadi sehat(deg2kan terus),bus paling sip!!!

  18. saya ingin tanya tentang bagaimana cara mendapat beasiswa khususya ada kuliah di paua!
    kalo ada yang udah dapat baca dari tulisanku ini ini no hpku …….. 085254318520…….

    salam dariku buat temen2ku dan pada khususnya pa bahtiar.
    salam……………..

  19. saya ingin tanya tentang bagaimana cara mendapat beasiswa khususya ada kuliah di papua!
    kalo ada yang udah dapat baca dari tulisanku ini ini no hpku ??.. 085254318520??.

    salam dariku buat temen2ku dan pada khususnya pa bahtiar.
    salam?????..

  20. Salam kenal sedulur semua………

    Sewaktu saya buka-buka situs penggemar bus, saya mendapat info dari situs : http://pahalakencanabandung.multiply.com/journal/item/33, bahwa bus PO. Sumber Kencono akan dikelola oleh PO. Primajasa-Mayasari Bakti Jakarta. Tentu kita tahu bahwa PO. Primajasa-Mayasari Bakti Jakarta merupakan preusahaan otobus di Ibu Kota Jakarta. Mungkin ini strategi Primajasa-Mayasari Bakti Jakarta untuk mengembangkan bisnis bis nya ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mereka akan mengembangkan trayek AKAP dan AKDP dengan menggunakan armada bus Hino. Markas atau Pool bus ini akan di bangun di Jonggol (Bogor) dan Dayeuhkolot (Bandung). Rencana beroprasi tanggal : 22 Desember 2009.

  21. INI RENCANA BISNIS DAN TRAYEK GABUNGAN PO. SUMBER KENCONO DAN PO. PRIMAJASA GROUP

    ——————————————————————————–
    SK akan dikelola Primajasa sejak Pelita IX

    SK akan menggunakan stripping AWAN di LANGIT karena Mas AWAN adalah pencinta mati SUMBER KENCONO.

    SK akan menggunakan Hino R260 dengan karoseri Rahayu Santosa, Mayasari utama, Laksana dan Piala Mas.

    SK akan memiliki pool di JONGGOL dan DAYEUHKOLOT

    SK Jonggol akan mengoperasikan trayek :
    - Jonggol – Lb. Bulus – Ciputat
    - Jonggol – Bogor
    - Jonggol – Depok via Cibinong
    - Jonggol – Sukabumi
    - Jonggol – Leuwi Panjang
    - Jonggol – Cicaheum
    - Jonggol – Jatinangor
    - Jonggol – Cicalengka – Tasik / Garut / Ciamis
    - Jonggol – Cimone / Cikokol via tol BSD
    - Jonggol – Bekasi Kota via Cikarang
    - Jonggol – Merak via Slipi
    - Jonggol – P. Gadung
    - Jonggol – Kp Rambutan – Cililitan – UKI
    - Jonggol – Blok M
    - Jonggol – Tg Priok
    - Jonggol – Cengkareng Airport (in conjunction with DAMRI Hino R 260 New Travego Adi Putro)
    - Jonggol – Cianjur via Cariu
    - Jonggol – Cirebon
    - Jonggol – Cimahi, jonggol – Kota Baru Parahyangan

    Untuk bis malamnya…
    - Jonggol – Malang – Lumajang (2 bis, via Bandung – Ciamis – Solo – Mojokerto dan via Semarang – Surabaya)
    - Jonggol – Jepara
    - Jonggol – Pati – Lasem
    - Jonggol – Jogja – Solo – Wonogiri via Bandung – Ciamis
    - Jonggol – Purwokerto (2 bus Via Bandung & Cirebon)
    - Jonggol – Denpasar (2 bus via utara & selatan (cipularang-bandung))
    - Jonggol – Madura
    - Jonggol – Blitar via Bandung – Solo
    - Jonggol – Ponorogo via Bandung – Solo
    - Jonggol – Pacitan via Bandung – Jogja – Wonosari
    - Jonggol – Bojonegoro via Penggaron – Purwodadi
    - Jonggol – Jember – Banyuwangi via Bandung – Solo – Mojokerto – Probolinggo

    Sedangkan SK Bandung akan menjadi bus AC ekonomi jurusan Majalaya, Pangalengan, Cicalengka, Ciwidey yang masing-masing berangkat dari terminal Leuwi Panjang, Cicaheum, dan Jatinangor. Tarif + 2.000 – 8.000 tergantung jurusan (Anda boleh turun jarak dekat seperti naik angkot, yang jelas tarif maksimum untuk sewa batu [start-finish passenger]).

    SK akan menjadi bis malam perdana MAYASARI GROUP…

    SK di Jabar akan berplat nomer F (Jonggol) dan D (Bandung – Dayeuhkolot)

    Semua crew MGI, Doa Ibu dan Primajasa sudah diberi sosialisasi menyeluruh terperinci tentang bergabungnya SK ke Mayasari Group

    SK akan menggunakan jalur 19 yang disiapkan oleh terminal LEUWI PANJANG khusus untuk bus jurusan JONGGOL.

    Dukung dan doakan

  22. Mohon ijin numpang ngoment…
    Memang,menurutku (ini opini pribadi, SK is the best.
    Tepat waktu.
    Busnya layak jalan.
    Getaran bus minim.
    High speed, sehingga cepet nyampainya.
    Peraturan buat awak busnya tertib banget.
    What about you bro??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s